Jawa Pos

Untung Ada VAR

2 PRANCIS vs AUSTRALIA 1

-

17 JUNI

KAZAN – Keputusan FIFA menggunaka­n VAR (video assistant referee) di Piala Dunia terbukti jitu. Setidaknya untuk timnas Prancis. Sebab, dua gol Les Bleus saat menang 2-1 atas Australia tadi malam adalah andil VAR.

Kontribusi pertama VAR terjadi saat Antoine Griezmann dilanggar Joshua Risdon pada menit ke-58. Pelanggara­n yang terjadi dekat dengan garis kotak penalti membuat wasit Andres Cunha membutuhka­n bantuan VAR. Hadiah penalti mampu diselesaik­an dengan baik oleh Griezmann. Itu adalah penalti pertama di Rusia dengan bantuan VAR.

Namun, keunggulan tim polesan Didier Deschamps hanya bertahan empat menit. Sebab, Samuel Umtiti melakukan handsball

di kotak terlarang saat menghalau sepakan bebas Aaron Mooy. Mile Jedinak berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Handsball tersebut juga diperkuat kesaksian VAR.

Nah, ’’hadiah’’ VAR untuk Prancis berlanjut pada menit ke-81 kala sepakan deflektif Paul Pogba yang mengenai bek Socceroos Aziz Behich membentur mistar dan justru memantul ke dalam gawang. Setelah berdiskusi sejenak dengan asisten wasit, Cunha menunjuk titik tengah karena tendangan gelandang Manchester United itu memang sudah melewati garis gawang.

’’Ini pertanding­an yang sulit bagi kami. Namun, memenangi pertanding­an pertama sangat penting,’’ kata pelatih Prancis Didier Deschamps sebagaiman­a dilansir L’Equipe.

Melihat penampilan Hugo Lloris dkk tadi malam, seolah tidak ada sosok pemimpin bagi Prancis saat menghadapi kebuntuan. Bagaimana tidak, rata-rata usia starting eleven

Prancis tadi malam adalah yang termuda sejak 1930 dengan 24 tahun 6 bulan. Bahkan, Mbappe adalah pemain termuda Prancis dalam sejarah Piala Dunia dan Euro dengan berusia 19 tahun 6 bulan.

 ?? MURAD SEZER/REUTERS ?? HAT-TRICK: Tendangan bebas penyerang Portugal Cristiano Ronaldo pada menit ke-88 menjebol gawang Spanyol. Gol ini membuat skor imbang 3-3.
MURAD SEZER/REUTERS HAT-TRICK: Tendangan bebas penyerang Portugal Cristiano Ronaldo pada menit ke-88 menjebol gawang Spanyol. Gol ini membuat skor imbang 3-3.
 ?? TORU HANAI/REUTERS ?? BERKAT TEKNOLOGI: Selebrasi pemain Prancis Paul Pogba setelah mencetak gol ke gawang Australia tadi malam WIB.
TORU HANAI/REUTERS BERKAT TEKNOLOGI: Selebrasi pemain Prancis Paul Pogba setelah mencetak gol ke gawang Australia tadi malam WIB.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia