Jawa Pos

”Yang, Yang, Bangun, Yang”

Sehari, 2.676 Orang Kunjungi Rutan

-

SIDOARJO – Pengunjung Rutan Kelas I Surabaya tembus rekor. Sebanyak 2.676 orang mendatangi rutan di Jalan Letjen Sutoyo itu dalam sehari kemarin (16/6). Seorang perempuan hamil tua pingsan karena antre lama.

Antusiasme pengunjung rutan terlihat sejak pukul 05.00. Sejumlah pengunjung sudah terlihat mendatangi rutan. Mereka mulai mengantre. Padahal, loket baru dibuka pukul 08.00. Antrean terlihat membeludak saat menjelang siang.

Banyaknya pengunjung membuat lama. Seorang perempuan yang mengantre sampai pingsan

J

Dia adalah istri seorang tahanan bernama Afan. Saat itu jam besuk istrinya telah habis. Setelah berpamitan, perempuan tersebut terjatuh dan pingsan.

Afan bercerita bahwa istrinya memang sedang hamil hampir delapan bulan. ”Aku bingung nek pingsan gini,” ujarnya di depan istrinya yang tidak sadarkan diri.

Tahanan yang mendekam di blok A berusaha membantu. Afan menepuk pipi istrinya dengan halus sambil memanggiln­ya. ”Yang, Yang, bangun Yang,” panggilnya. Petugas juga tampak bingung. Dokter pun dipanggil.

Sementara itu, berdasar data di Rutan Medaeng, dalam sehari kemarin, pengunjung H+1 mencapai 2.676 orang. Jumlah itu naik tiga kali lipat daripada hari biasanya.

Kasi Pelayanan Tahanan Aris Sakuriyadi mengatakan, jumlah pengunjung meningkat daripada hari biasanya. ”Momennya ini kan Lebaran, jadi penuh sesak,” ujarnya.

Aris menjelaska­n, waktu kunjungan juga dibagi menjadi dua sesi. ”Kami buka pelayanan dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00. Istirahat, terus dilanjutka­n lagi pukul 13.30– 16.00,” tambahnya.

Waktu tersebut hanya berlaku saat momen Lebaran. Termasuk Minggu. Sementara itu, Senin buka seperti biasa. Yaitu, pukul 08.00 sampai pukul 12.00.

Jumlah pengunjung kemarin merupakan terbanyak bila dibandingk­an dengan kunjungan pada tahun-tahun sebelumnya pada hari yang sama. Aris memperkira­kan jumlah pengunjung yang datang lebih banyak pada hari ini (17/6).

Sebab, itu adalah hari terakhir kunjungan dengan dua sesi. ”Antisipasi­nya sama. Kami mengimbau pengunjung tidak membawa barang yang dilarang,” tegasnya.

 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? TOMBO KANGEN: Masyarakat memanfaatk­an hari kedua Lebaran untuk mengunjung­i keluarga dan saudaranya yang sedang ditahan di Rutan Medaeng.
ZAIM ARMIES/JAWA POS TOMBO KANGEN: Masyarakat memanfaatk­an hari kedua Lebaran untuk mengunjung­i keluarga dan saudaranya yang sedang ditahan di Rutan Medaeng.
 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? SEDANG HAMIL TUA: Afan (kiri) mendekatka­n minyak kayu putih ke hidung istrinya yang pingsan karena antre lama lantaran pengunjung membeludak.
ZAIM ARMIES/JAWA POS SEDANG HAMIL TUA: Afan (kiri) mendekatka­n minyak kayu putih ke hidung istrinya yang pingsan karena antre lama lantaran pengunjung membeludak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia