Jawa Pos

Hanya 15 Persen Yang Teraliri 24 Jam

-

JARINGAN PDAM sudah menjangkau 96,49 persen warga. Namun, jika air sering mampet dan tak kencang, PDAM bakal tetap dihujani komplain. Di beberapa wilayah, warga harus begadang untuk mendapatka­n air. Sebab, air hanya keluar saat larut malam.

Dari data survei internal PDAM tahun lalu, diketahui bahwa hanya 15 persen warga yang mendapat air selama 24 jam. Yang terbanyak adalah warga yang mendapat air di bawah enam jam. Yakni, 49 persen. Artinya, hampir separo warga Surabaya harus begadang untuk memperoleh air.

Kemarin (16/6) juga tepat setahun Direktur Operasiona­l PDAM Dody Soedarjono dilantik. Menurut dia, satu-satunya cara untuk mengatasi tekanan serta kontinuita­s air adalah pembanguna­n reservoir dan rumah pompa. ’’Kuncinya dua itu,’’ kata alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

Produksi air PDAM yang mencapai 11.250 liter per detik sebenarnya cukup untuk seluruh pelanggan. Namun, distribusi belum bisa dimaksimal­kan ke daerah pinggiran. Air habis di tengah kota.

Tahun ini PDAM memfungsik­an sejumlah reservoir baru. Beberapa diantarany­a berada di Osowilangu­n dan Putat Gede. Dua hingga tiga bulan lagi reservoir Made dan Pegirian juga tuntas. Itu bakal menyelesai­kan permasalah­an pelanggan yang tak dapat air selama bertahun-tahun di Sumberejo dan Tenggumung.

Dody menambahka­n, tahun ini juga ada pembanguna­n reservoir. Lokasinya berada di Alas Malang, Tambak Wedi, Kandangan, dan Perak Barat. Proyek tersebut bertujuan menuntaska­n masalah warga yang tak dapat air di wilayah barat dan timur Surabaya. ’’Dibangun tahun ini, tapi baru bisa dirasakan awal tahun depan,’’ lanjut pria asal Bandung itu.

Rumah pompa dan reservoir tersebut bakal meningkatk­an tekanan air di wilayah pinggiran. Sebab, pompa yang ada di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Ngagel dan Karang Pilang tak mungkin bisa mendorong air hingga puluhan kilometer. Pompa itu bakal menyedot air yang memiliki tekanan rendah. Karena itu, saat sampai di pelanggan, air bisa keluar hingga kamar mandi di lantai 2 atau 3.

Selain itu, kapasitas produksi air ditambah. Produksi IPAM rencananya ditingkatk­an hingga 400 liter per detik.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? CEK LANGSUNG: Mujiaman Sukirno (dua dari kiri) mengunjung­i tandon di Wonokitri.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS CEK LANGSUNG: Mujiaman Sukirno (dua dari kiri) mengunjung­i tandon di Wonokitri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia