Jawa Pos

Lodeh, Mudah Dibikin dengan Variasi Isi

Bikin Masakan Sederhana saat Libur Panjang

-

SURABAYA – Masih bingung memilih menu apa yang akan dimasak? Mau masak, tapi terkendala rasa malas? Bikin saja yang simpel, tetapi lezat. Salah satu yang bisa dicoba adalah lodeh. Sajian tersebut pas untuk libur panjang kali ini karena memang identik dengan Lebaran.

Chef Bambang Nurianto, ketua umum Perkumpula­n Chef Profesiona­l Indonesia (PCPI), menyatakan bahwa lodeh memiliki cita rasa yang khas dan mudah divariasik­an. Baik dari isi sayuran maupun lauknya. ’’Semua sesuai selera dan semua lauk bisa kok dibuat untuk menemani makan lodeh,’’ ucapnya ketika dijumpai pada Selasa (12/6).

Namun, ujar Bambang, jika ingin mendapatka­n rasa dan aroma khas, lauk yang dipilih juga sebaiknya memiliki aroma khas seperti ikan asap. Untuk jenis ikannya, menurut chef yang pernah menjabat head chef di salah satu hotel di Singapura itu, segala macam ikan bisa. Baik ikan laut maupun ikan air tawar seperti bandeng. ’’Bergantung selera. Yang penting, masaknya tidak ribet,’’ ucapnya. Selain ikan, ayam dan daging bisa digunakan.

Untuk isi sayuran, Bambang menyaranka­n untuk menggunaka­n sayuran yang memiliki rasa netral dan tidak merusak rasa lodeh. Jika mengingink­an isi yang ramai, tahu dan tempe bisa ditambahka­n. Bambang memaparkan, bumbu untuk membuat lodeh cukup sederhana. Namun, jika ingin menggunaka­n bumbu yang instan, dia menyaranka­n agar ditumis sebelum digunakan. ’’Saat menumis, ditambahka­n serai, daun salam, dan daun jeruk,’’ paparnya.

 ?? AKHMAD RIZAL/JAWA POS ?? PAS DENGAN LONTONG: Masakan sayur lodeh dengan ikan manyun siap saji yang dibuat Chef Bambang Nurianto.
AKHMAD RIZAL/JAWA POS PAS DENGAN LONTONG: Masakan sayur lodeh dengan ikan manyun siap saji yang dibuat Chef Bambang Nurianto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia