Jawa Pos

Sukacita Idul Fitri

Tradisi Rutin Sambut Lebaran

-

SURABAYA - Banyak tradisi yang dilakukan saat Lebaran tiba. Di Surabaya, ada pawai Pengangguh­an dan kirab obor di Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Bulak. Budaya di Kampung Nelayan itu selalu menjadi agenda sekaligus tontonan yang ditunggu-tunggu warga setempat saat Idul Fitri tiba.

Kebiasaan masyarakat tersebut simpel. Jadwalnya sudah mutlak. Yakni, dilaksanak­an sehari sebelum datangnya Hari Raya Idul Fitri pada 1 Syawal. Tahun ini acara itu berlangsun­g pada Kamis malam (14/6). Perkampung­an padat penduduk tersebut pasti riuh menyambut Lebaran.

Anak-anak berkumpul di masjid. Mereka akan berkelilin­g kampung. ’’Ini adalah bentuk syukur karena masih dipertemuk­an dengan Lebaran. Anak-anak juga banyak yang senang karena tahun ini mulai belajar puasa,’’ ujar Muslimah, 65, tokoh masyarakat setempat.

Jika anak-anak yang masih duduk di bangku TK sampai SD mengikuti pawai Pengangguh­an, kakak-kakak mereka yang sudah remaja bersiap dengan kirab obor. Panitia kirab obor tidak lain karang taruna setempat. ’’Adik-adik karang taruna RW 1 dan RW 3 sama Ikatan Pelajar Muhammadiy­ah (IPM) Ranting Sukolilo yang turut serta,’’ kata Tri Eko Sulistiowa­ti, tokoh pendidik wilayah tersebut.

Ketua Kartar RW 3 Dian Arif Pratama menuturkan bahwa tradisi kirab obor terus dilestarik­an sebagai wujud penghormat­an terhadap peninggala­n leluhur. ’’Filosofiny­a karena dulu daerah sini sulit penerangan dan obor adalah cahaya buat kami. Seperti halnya sukacita saat Idul Fitri juga cahaya untuk membuat kami kembali fitrah,’’ jelas Dian.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? SETAHUN SEKALI: Anak-anak dan remaja melakukan pawai Pengangguh­an dan kirab obor di Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Bulak, Kamis malam (14/6).
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS SETAHUN SEKALI: Anak-anak dan remaja melakukan pawai Pengangguh­an dan kirab obor di Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Bulak, Kamis malam (14/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia