Jawa Pos

Belajar Bikin Ketupat Bersama Sahabat

-

SURABAYA – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi libur Lebaran. Bagi mereka yang merayakan Hari Raya Idul Fitri, jadwal berkelilin­g bersama keluarga saat mudik sudah pasti padat. Bagi yang memilih untuk menghabisk­an waktu di dalam kota saja, belajar bikin ketupat bisa jadi alternatif.

Itu dilakukan Samantha Eve Young dan sahabatnya untuk menghibur Michilia Mefi yang tidak pulang kampung. Samantha mengajak serta Angelia Soe, Elizabeth Njoo May Fen, Jenny Kosasih, dan putrinya, Michelle Aldorino. Mereka memasak ketupat dan hidangan pelengkap lain secara bersama-sama Jumat (15/6). Misalnya, opor ayam, sambal goreng kentang, dan lodeh labu siam. Mereka berkumpul di Sam’s Kitchen. Mereka kompak mengenakan baju putih sebagai dress code untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Meski hanya Michilia yang merayakan Lebaran, sahabatsah­abatnya ingin ikut dalam kegembiraa­n hari nan fitri tersebut. ’’Aku punya baby kecil, jadi belum bisa diajak mudik jauh. Akhirnya sama mertua suruh di Surabaya saja. Eh, mereka inisiatif bikin kayak begini buat hibur aku,’’ tutur Michilia. Menurut dia, dengan makan ketupat, vibe Lebaran bersama keluarga selalu terasa.

Sahabat Michilia pun ikut belajar menganyam janur ketupat bersamanya. Samantha yang dikenal jago masak dan putrinya memberikan aba-aba untuk setiap gerakan kawan-kawannya saat menganyam janur ketupat. ’’Sudah disilang-silang semua? Lalu, masukkan ke sela-selanya ya, up and down, berulangul­ang sampai nutup,’’ katanya mengomando.

Mereka berusahan menyelesai­kan kantong-kantong ketupat itu dengan susah payah. Malah, Michilia yang paling kesulitan. ’’Ini sampai ganti Natal juga nggak jadi aku,’’ teriaknya yang membuat semua tergelak. Meski tak bisa berkumpul dengan keluarga besar, Michilia merasa gembira. Sebab, dia bisa bercengker­ama dengan sahabat-sahabatnya di hari Lebaran.

 ?? RESVIA AFRILENE/JAWA POS ?? TIDAK MUDIK: Michilia Mefi (kiri) belajar membuat selongsong ketupat bersama sahabat-sahabatnya.
RESVIA AFRILENE/JAWA POS TIDAK MUDIK: Michilia Mefi (kiri) belajar membuat selongsong ketupat bersama sahabat-sahabatnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia