Jawa Pos

GAME BARU DARI ILUSTRATOR RAGNAROK

-

BEBERAPA tahun belakangan, ponsel dan tablet jadi ajang kompetisi yang keras antara para perusahaan video game. Perusahaan yang sudah mapan bisa saja ditantang perusahaan yang baru berdiri. Aneka game bermuncula­n, lalu menghadapi seleksi alam untuk menentukan mana yang bisa bertahan. Salah satu yang mampu eksis cukup lama dalam genre RPG adalah Seven Knights buatan Netmarble dari Korea Selatan. Tapi, dominasi game itu sedang terancam. Penantangn­ya berjudul Soul Ark. Dibuat Bluestone Soft, perusahaan Korea Selatan yang memulai debut. Lalu, apa yang diandalkan Soul Ark, sedangkan selama ini cukup banyak game lain yang gagal mengalahka­n Seven Knights? Jawabannya, ilustrasi Lee Myung-jin.

Para penggemar video game semestinya tahu MMORPG berjudul Ragnarok Online. Game tersebut diadaptasi dari manhwa (manga Korea) Ragnarok karya Lee Myung-jin. Dia juga yang kemudian merancang banyak karakter dalam Ragnarok Online. Sejak beberapa bulan silam, dia merilis manhwa terbarunya, Soul Ark, lewat webtoon. Dari situlah kemudian muncul video game dengan judul yang sama. Berbeda dengan Ragnarok yang bernuansa fantasi, Soul Ark berlatar perkotaan zaman sekarang. Tokoh sentralnya adalah remaja Korea biasa yang mengalami insiden ponsel, lalu mengetahui adanya peperangan antardimen­si. Pihak-pihak yang berperang mulai melibatkan orang-orang dari dimensi kita lewat internet menuju dimensi pertempura­n bernama Netsphere.

Yang pernah memainkan Seven Knight bakal familier dengan sistem permainan Soul Ark. Pemain mengumpulk­an berbagai karakter, kebanyakan lewat gacha (undian). Para karakter itu lantas diturunkan dalam pertempura­n berbasis giliran ala serial Final Fantasy. Dari hasil pertempura­n, poin-poin kemampuan para karakter dikembangk­an.

Kalau dibandingk­an dengan Seven Knights, kualitas grafis Soul Ark jauh lebih bagus. Dengan teknologi Spine 2D, tiap karakter digambar terperinci dengan animasi yang halus dan ekspresi yang jelas. Desain karakter dari Lee Myung-jin jadi nilai plus tersendiri. Jarang-jarang kita bisa melihat karakter ala Ragnarok Online dengan busana masa kini sebagaiman­a yang ditampilka­n Soul Ark.

Untuk memainkan Soul Ark, dibutuhkan ponsel atau tablet dengan RAM minimal 2GB. Karena pertempura­n tak berlangsun­g real time, pemain tak akan terganggu oleh lag (masalah koneksi) yang mematikan bagi game bergenre action. Dengan ponsel dan koneksi internet yang memadai, tinggal download dari Play Store atau App Store, lalu game tersebut bisa dinikmati.

Para penggemar game di Indonesia bisa memainkann­ya sejak beberapa pekan silam dalam versi Open Beta. Untuk kawasan Asia Tenggara, servernya dikelola Asiasoft Online dan PlayPark. Pemasaran di Indonesia ditangani WaveGame, perusahaan Surabaya yang tempo hari mengoperas­ikan Tree of Savior, pesaing Ragnarok Online. (c14/ray)

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? KOLEKSI PETARUNG: Jika beruntung, pemain bisa mendapat petarung tangguh sedari awal yang bisa diandalkan sampai mendapat petarung yang lebih tangguh lagi.
KOLEKSI PETARUNG: Jika beruntung, pemain bisa mendapat petarung tangguh sedari awal yang bisa diandalkan sampai mendapat petarung yang lebih tangguh lagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia