Jawa Pos

Diaspora Sedunia Kumpul di Pendapa

-

RIBUAN perantau asal Banyuwangi yang bekerja atau tinggal di berbagai penjuru dunia tumplek bleg di Pendapa Sabha Swagata Blambangan kemarin (17/6). Mereka berkumpul dan bersilatur­ahmi dalam acara bertajuk ’’Diaspora Banyuwangi’’ yang rutin dihelat pemkab setiap Idul Fitri sejak enam tahun terakhir.

Tidak hanya berkumpul dan bersilatur­ahmi, para perantau asal Bumi Blambangan tersebut juga menyatukan visi untuk bersama-sama memajukan daerah kelahiran tercinta itu. Sejumlah tokoh hadir dalam ajang Diaspora Banyuwangi kali ini. Mereka, antara lain, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Konsul Keuangan dan Bea Cukai Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hongkong Imik Eko Saputro, dan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ahmad Hidayat. Selain itu, hadir para diaspora Banyuwangi yang bekerja di Korea Selatan, Selandia Baru, Jepang, Taiwan, Hongkong, dan Malaysia.

Bukan itu saja, perantau asal Banyuwangi yang tersebar di berbagai daerah di tanah air seperti Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, DKI Jakarta, hingga Jawa Barat juga hadir pada acara tersebut.

Menpar Arief Yahya menyatakan, bagi dirinya, acara Diaspora Banyuwangi adalah reuni akbar serta membangkit­kan spirit memajukan Banyuwangi. Arief mengajak seluruh diaspora yang hadir di Pendapa Sabha Swagata Blambangan untuk memberikan sumbangsih nyata kepada Banyuwangi.

’’Bangun Banyuwangi ini sesuai dengan peran yang Anda miliki kini. Ini ada petinggi OJK di sini, tolong bantu pengembang­an usaha mikro orang Banyuwangi ini. Banyuwangi sudah menunjukka­n prestasiny­a yang luar biasa, jadi jangan segan membantu daerah ini. Lakukan sekarang, mumpung masih ada kesempatan,’’ ujar dia.

 ?? ARNINDHITA ARIFIN/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? DIASPORA: Menteri Pariwisata Arief Yahya memasangka­n udeng khas Banyuwangi kepada salah seorang penari gandrung yang tampil di acara diaspora di Pendapa Sabha Swagata Blambangan kemarin.
ARNINDHITA ARIFIN/JAWA POS RADAR BANYUWANGI DIASPORA: Menteri Pariwisata Arief Yahya memasangka­n udeng khas Banyuwangi kepada salah seorang penari gandrung yang tampil di acara diaspora di Pendapa Sabha Swagata Blambangan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia