Jawa Pos

Nigeria Tumbang, Listrik Padam

-

SUASANA di wilayah Nigeria mendadak gelap gulita begitu tim nasional mereka kalah dari Kroasia. Gelap. Sebab, seluruh penjuru negeri mengalami pemadaman listrik yang cukup lama.

Kenapa harus ada pemadaman listrik secara masal? Sebab, jutaan warga Nigeria menyaksika­n John Obi Mikel dkk berlaga via televisi. Dampaknya, perusahaan energi setempat tak bisa menyediaka­n pasokan listrik yang memadai.

”Ini adalah hal yang umum. Yakni, karena pembangkit listrik rusak dan sudah dua kali terjadi hari ini (kemarin, Red). Semua pembangkit listrik mati,” ucap seorang pimpinan perusahaan listrik Nigeria yang tidak ingin menyebutka­n identitasn­ya seperti dilansir The Sun .

Belum ada kejelasan mengenai penyebab utama matinya pembangkit listrik di Nigeria. Beberapa spekulasi mengatakan, hal tersebut dipicu konsumsi listrik yang berlebihan saat Nigeria berlaga kemarin.

Tetapi, asumsi tersebut juga tidak terlalu tepat. Sebab, sejak awal tahun ini, Nigeria mengalami tujuh kali pemadaman listrik. Sebelumnya, listrik di Nigeria sempat mati total pada 8 Juni.

Nah, dengan kondisi listrik yang byar pet, warga Nigeria mungkin tidak bisa lagi menyaksika­n perjuangan Super Eagles di dua laga sisa grup D Piala Dunia. Padahal, dengan status juru kunci, dua laga selanjutny­a sangat krusial bagi Nigeria. Mereka harus menang saat melawan Islandia (22/6) dan Argentina (27/6). membuktika­n bahwa pengalaman dan kematangan bisa mengatasi tenaga muda Nigeria. Bukti kematangan itu bisa dilihat dari komparasi caps di starting eleven kedua tim pada laga kemarin. Dari Nigeria, praktis hanya John Obi Mikel yang punya jam terbang tinggi. Danijel Subasic (g) Sime Vrsaljko Dejan Lovren Domagoj Vida Ivan Strinic Ivan Rakitic Luka Modric Ante Rebic Andrej Kramaric Ivan Perisic Mario Mandzukic Francis Uzoho (g) Abdullahi Shehu William Troost-Ekong Leon Balogun Brian Idowu Onyinye Ndidi Oghenekaro Etebo Alex Iwobi

John Obi Mikel (c) Victor Moses Odion Ighalo 39 36 40 60 44 93 107 17 32 67 84 6 25 22 19 5 17 14 19 85 34 19

Grup D Grup E

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia