Jawa Pos

Minggu Depan Ada Lagi

-

SURABAYA – Car free day (CFD) di Jalan Darmo mulai diberlakuk­an mulai minggu depan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Eko Agus Supiadi mengatakan, tidak ada perubahan apa pun mengenai mekanisme CFD pasca diliburkan selama sebulan. ”Bisa dinikmati seperti biasanya,” ujar Agus.

Sebelumnya, kegiatan CFD ditiadakan dengan alasan bulan Ramadan. Yakni, pada 20 dan 27 Mei serta 3, 10, dan 17 Juni. Menurut Agus, CFD sering diramaikan dengan aktivitas olahraga. Sedangkan saat Ramadan, esensi tersebut tidak akan selaras karena banyak yang fokus berpuasa. ”Biar masyarakat berfokus pada puasanya dulu,” imbuhnya.

Meski Ramadan telah usai sejak 14 Juni, Agus menyertaka­n tanggal 17 Juni untuk meliburkan CFD. Sebab, tanggal tersebut masih berada pada suasana Lebaran. Karena itu, CFD akan tidak efektif jika tetap digelar. ”Banyak yang mudik, petugas juga. Kita biarkan menikmati Lebaran dulu,” tutur Agus.

Meski sudah diinfokan jauh hari, beberapa warga belum tahu mengenai peniadaan CFD tersebut. Karena itu, kemarin banyak warga terlihat memadati Taman Bungkul dengan pakaian olahragany­a. ”Saya kira cuma waktu puasa kemarin saja, ternyata sampai sekarang (kemarin, Red),” ujar Eka Wardana, seorang warga.

Selain itu, terlihat banyak komunitas pesepeda yang turut kecele. Mereka mengaku datang sejak pukul 6 pagi untuk bersepeda di Jalan Darmo. Namun, mereka mendapati Jalan Darmo masih bebas dilalui kendaraan bermotor. ”Akhirnya bersepeda di pinggir-pinggir saja. Belum tahu kalau sekarang masih belum ada CFD,” ujar Ahmad Naufal, salah seorang anggota komunitas.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? AKTIF LAGI: Warga bisa menikmati lagi CFD setelah libur sebulan.
DITE SURENDRA/JAWA POS AKTIF LAGI: Warga bisa menikmati lagi CFD setelah libur sebulan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia