Jawa Pos

Merintis dari Pameran Pribadi

- (rno/c25/fhr)

BERNAMA lengkap Multaza Akbar Junaedi, remaja ini tertarik di bidang kuratorial sejak menginjak bangku perkuliaha­n. Kerja-kerja kuratorial sebenarnya pernah dia lakukan secara tidak sadar saat dirinya mulai aktif sebagai mahasiswa Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Namanya melambung ketika Akbar menjadi kurator di Internatio­nal Architectu­re Conference 2017 silam. Dia berkolabor­asi dengan beberapa seniman arsitektur, yakni Fikri Izza, Quinzha, dan Bramantyo yang berkonsetr­asi pada seni visual.

Akbar juga mengajak seniman video dari Matamerah Films yang menampilka­n sebuah film dokumenter berjudul Bayang-Bayang. ”Aku mulai tertarik dengan kuratorial, khususnya di bidang arsitektur konseptual, saat sadar bahwa pemikiran di bidang akademik tentang arsitektur tidak hanya berbicara tentang teksi. Namun juga melewati berbagai tahapan yang harus di pertimbang­kan. Mulai perilaku manusia, konteks kota, dan banyak lain,” ujar pria yang akrab disapa Uned tersebut.

Sebelum memulai karir sebagai kurator, pemikiran Uned tentang segala keterkaita­n kuratorial lahir dari diskusi-diskusi kecil di lingkungan pertemanan­nya. Dia pun memulai semua itu dari hal-hal kecil. Dari membuat catatan tentang pameran tugas akhir karya pribadi dan teman-teman dekatnya hingga ke tahap yang lebih serius, yakni mulai mengelola seniman muda untuk melakukan ekshibisi dan menyiapkan wacananya.

”Itulah yang membuat saya memutuskan untuk membuat kolektif grup diskusi regular yang membicarak­an tentang arsitektur konseptual bernama Rabung Maddah ini. Dari situ, muncul ide-ide membuat pameran yang membahas tentang argumentas­i arsitektur,” imbuhnya.

Lewat kiprah Uned, Surabaya memiliki harapan baru tentang regenerasi kurator yang mulai minim. Hadirnya generasi muda yang serius melakukan kajian menerjemah­kan suatu karya dari seniman juga membuka peluang para seniman untuk melakukan ekshibisi menjadi lebih besar. Dengan demikian, kesenian di Surabaya pun akan terus berkembang.

 ??  ?? AKBAR UNED Founder Rabung Maddah
AKBAR UNED Founder Rabung Maddah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia