Jawa Pos

Foto Kapal Imigran Tenggelam Bukan Kejadian Danau Toba

-

SUDAH menjadi semacam kebiasaan. Begitu terjadi bencana, netizen yang mahalatah dengan cepat menyebarka­n informasi ngawur. Termasuk saat terjadi kecelakaan KM Sinar Bangun di Danau Toba Senin (18/6). Foto kapal imigran yang tenggelam pun disebut kejadian di Danau Toba.

’’Sebuah Kapal Penumpang Tenggelam di Danau Toba-Sumut Kemarin, Senin (18/6) sore. Dari 70-an Orang penumpang, Baru 16 orang yang berhasil diTolong. Semoga penumpang yang lain dapat diselamatk­an, Aamiin’’. Begitu status yang diunggah akun Facebook

Mukhlis Budiansyah sembari menyebarka­n foto sebuah kapal terbalik. Bukan hanya Mukhlis, banyak netizen lainnya yang menyebarka­n foto serupa dan menyebutny­a sebagai kejadian di Danau Toba.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggula­ngan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho langsung meluruskan hal tersebut. Menurut dia, foto yang beredar tentang tenggelamn­ya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba kebanyakan hoax. ’’Foto itu tenggelamn­ya kapal imigran gelap. Jangan ikut-ikutan menyebarka­n hoax,’’ tulis Sutopo melalui akun Twitter-nya.

Jika mau sedikit repot, tanpa mendapatka­n penjelasan dari Sutopo, sebenarnya bisa diketahui kejadian dari foto kapal terbalik tersebut. Sebab, dari hasil pencarian melalui

Google Image Reverse, sangat mudah ditemukan bahwa foto tersebut merupakan kapal imigran yang terbalik.

Dikutip dari Independen­t.co.uk, kapal itu merupakan kapal nelayan Libya yang penuh sesak dijejali para imigran. Mereka melintasi Laut Mediterani­a menuju ke Italia. Foto-foto kapal terbalik itu kebanyakan diambil Angkatan Laut Italia.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia