Jawa Pos

Supaya Aman, Wajib Cek Kondisi Mobil

-

Setelah menghadapi kemacetan, medan terjal, dan kontur jalan yang naik turun, kondisi kendaraan roda empat perlu dicek. Berikut perbincang­an wartawan Jawa Pos Agfi Sagittian dengan general manager technical service PT Toyota Astra Motor (TAM) terkait tip merawat kendaraan roda empat setelah mudik. Setelah kendaraan dipakai mudik, apakah kondisinya wajib diperiksa?

narik.

Apa saja hal yang perlu diperhatik­an?

macam-macam. Mulai paku hingga kaca. Velg pun bisa jadi retak. Jika diperlukan, ada baiknya dilakukan spooring balancing untuk bagian roda itu.

Berikutnya, memeriksa cairan-cairan pada mobil. Di antaranya, cairan oli, cairan pendingin, dan cairan pada aki jika masih menggunaka­n aki basah. Saat macet, ada penguapan-penguapan yang terjadi pada liquid. Oli bisa jauh berkurang saat macet daripada jalan terus karena temperatur naik dan terjadi penguapan.

Seberapa besar kemungkina­n mobil bermasalah? Faktor apa yang bisa jadi pemicu?

Saat mudik, kita tak bisa memprediks­i keadaan infrastruk­tur dan kontur jalanan yang dilewati. Selalu ada kemungkina­n kendaraan melewati lubang, terkena debu yang berlebihan, mesin terlalu panas karena macet, dan lain-lain. Kondisi dan kesehatan mobil pun sangat mungkin bisa berubah.

Apakah pengecekan memungkink­an dilakukan sendiri atau sebaiknya dibawa ke bengkel?

Tentu sebaiknya dilakukan di bengkel. Di bengkel, terutama bengkel resmi, pengecekan akan dilakukan mekanik profesiona­l dengan sarana dan alat yang memadai. Jadi, masalah yang tak kasat mata pun dapat terdeteksi. Pemilik boleh saja melakukan pemeriksaa­n sendiri, asalkan paham betul apa yang diperiksa serta memahami standar dan rasionya.

 ??  ?? Meskipun ada perawatan berkala sebelum mudik, tidak ada salahnya kembali ke bengkel untuk periksa sepintas. Apalagi jika dirasakan ada kelainan atau hal yang berubah saat perjalanan. Misalnya, setir tidak lurus atau ban terasa Semua sektor penting...
Meskipun ada perawatan berkala sebelum mudik, tidak ada salahnya kembali ke bengkel untuk periksa sepintas. Apalagi jika dirasakan ada kelainan atau hal yang berubah saat perjalanan. Misalnya, setir tidak lurus atau ban terasa Semua sektor penting...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia