Jawa Pos

Tuntaskan Tes Kesehatan Susulan Calon Jamaah Haji

-

SIDOARJO – Tes kesehatan susulan bagi para calon jamaah haji (CJH) mulai dilaksanak­an (25/6). Ada 215 orang yang menjalani tes. Selain itu, mereka mendapat suntikan vaksin meningitis. Termasuk tim pemandu haji daerah (TPHD). Satu di antaranya Kasi Datun Kejari Sidoarjo Komang Rai W.

’’Tinggal suntik vaksin,’’ kata Komang kepada Jawa Pos. Sebelumnya, dia menyatakan telah menjalani tes kesehatan. Petugas sudah mengambil sampel darah, urine, dan melaksanak­an foto rontgen. Karena itu, dia kemarin tinggal suntik vaksin.

Dalam TPHD Sidoarjo, Komang berada di bagian pelayanan umum. Selain dia, ternyata ada anggota TPHD lain. Termasuk Kepala Kejari (Kajari) Sidoarjo Budi Handaka. Sama dengan Komang, Kajari juga melalui prosedur yang ditetapkan.

Sebagaiman­a diberitaka­n, jumlah TPHD Sidoarjo lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu hanya ada lima orang. Tahun ini jumlahnya ’’membengkak’’ menjadi 17 orang. Dengan menjadi TPHD, mereka tidak ikut antre untuk bisa berangkat ke Tanah Suci. Tidak menunggu bertahunta­hun seperti CJH biasa.

Sementara itu, tes kesehatan dan vaksin susulan tersebut berlangsun­g dua hari. Hari ini (26/6) Puskesmas Sidoarjo masih melaksanak­an tahap itu. Masih ada ratusan CJH yang perlu tes kesehatan dan suntik vaksin. ’’Masih ada 150 orang,’’ kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggula­ngan Penyakit Dinkes Sidoarjo dr M Atho’illah.

Tahun ini CJH dari Kota Delta berjumlah 2.527 orang. Mereka terdiri atas CJH yang melakukan pelunasan tahap pertama, yakni 2.331 orang. Lalu, ditambah 183 orang yang melunasi pembayaran tahap kedua dan 33 orang dari kuota cadangan yang masuk ke kuota asli. Tahun lalu CJH asal Sidoarjo berjumlah 3.000 orang.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? CEK SEBELUM BERANGKAT: Petugas memeriksa kesehatan dan memvaksin CJH di Puskesmas Sidoarjo kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS CEK SEBELUM BERANGKAT: Petugas memeriksa kesehatan dan memvaksin CJH di Puskesmas Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia