Jawa Pos

Pilih Nyoblos di TPS Piala Dunia atau Pewayangan

-

SURABAYA – Berbagai cara dilakukan untuk memeriahka­n pesta demokrasi yang berlangsun­g kemarin (27/6). Misalnya, warga Kelurahan Kebonsari. Mereka berlomba-lomba menghias tempat pemungutan suara (TPS) dengan sangat menarik. Salah satunya TPS 6 Kelurahan Kebonsari.

TPS yang membawahka­n dua RT tersebut membuat dekorasi ala piala dunia. Benderaben­dera dari berbagai negara terlihat terpasang apik di langit-langit TPS. Bukan hanya itu, para panitia juga mengenakan atribut bola. Lengkap dengan riasan yang menggambar­kan bendera dari seragam yang dikenakan.

Salah satu anggota kelompok penyelengg­ara pemungutan suara (KPPS) Rahmanto Dwi Setiawan menjelaska­n, dirinya dan seluruh anggota lainnya ingin para pencoblos merasakan semangat piala dunia yang tengah berlangsun­g. Karena itu, TPS 6 kali ini dihias dengan sangat menarik. Lengkap dengan gawang yang diletakkan di pintu masuk untuk menyambut warga. ’’Kami manfaatkan momentum World Cup sebagai penyemanga­t warga dalam mencoblos,’’ ucapnya.

Saking hebohnya, masyarakat Surabaya yang tidak tergabung dalam DPT pun ikut ke TPS. Hanya karena ingin menikmati suasana yang berbeda dari TPS tersebut. Ada 607 DPT di TPS 6. Namun, hanya 380 DPT yang menggunaka­n hak pilihnya.

Tidak jauh dari TPS tersebut, ada satu lagi TPS yang unik. Yakni, TPS 7 Kelurahan Kebonsari. Seluruh anggota KPPS-nya mengenakan pakaian pewayangan. Punakawan merupakan tema yang diusung TPS 7. ’’Kami dari kecamatan hanya memberikan pilihan tema, warga yang memutuskan,’’ ujar salah satu panitia pemilihan kecamatan (PPK) Rozi.

Dia menjelaska­n, keunikan tersebut berhubunga­n dengan keahlian warga di bidang seni.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? MERIAH: KPPS TPS 06 Kelurahan Kebonsari membawa suasana Piala Dunia 2018 kemarin, yaitu dengan memasang pernak-pernik World Cup.
DIPTA WAHYU/JAWA POS MERIAH: KPPS TPS 06 Kelurahan Kebonsari membawa suasana Piala Dunia 2018 kemarin, yaitu dengan memasang pernak-pernik World Cup.
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ??
DIPTA WAHYU/JAWA POS
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? KREASI SENIMAN: Petugas KPPS TPS 07 Kelurahan Kebonsari mengenakan pakaian wayang untuk menarik minat warga mencoblos di TPS tersebut.
DIPTA WAHYU/JAWA POS KREASI SENIMAN: Petugas KPPS TPS 07 Kelurahan Kebonsari mengenakan pakaian wayang untuk menarik minat warga mencoblos di TPS tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia