Jawa Pos

Gubernur Apresiasi Gus Ipul dan Khofifah

-

SURABAYA – Tuntas sudah pemungutan suara Pilgub Jatim 2018. Berdasar hasil quick count sejumlah lembaga survei, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak disebut mengunggul­i Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Gubernur Soekarwo mengaku bersyukur karena pilgub Jatim berlangsun­g lancar. Dia juga mengapresi­asi ikhtiar yang dilakukan kedua kandidat yang berkompeti­si. Orang nomor satu di Jatim itu mengajak masyarakat menunggu hasil final pilgub berdasar penghitung­an yang dilakukan KPU. Sebab, lewat proses itulah fakta akan diketahui. ”Fakta itu adalah (hasil) penghitung­an pada 3 Juli nanti,” katanya di Gedung Negara Grahadi kemarin.

Soekarwo mengajak semua pihak menyerahka­n semuanya pada takdir. ”Karena itu, meskipun telah berikhtiar, kalau hasilnya berkata lain, maka mari kita kembalikan bahwa itu sudah diatur Yang Mahakuasa,” tuturnya.

Yang jelas, dalam konsep berdemokra­si, ikhtiar menjadi bagian penting untuk menuju hasil. Tokoh yang juga ketua DPD Partai Demokrat Jatim tersebut mengapresi­asi usaha yang sudah dilakukan para kontestan pilgub Jatim hingga dilangsung­kannya tahap pemungutan suara.

Soekarwo juga mengajak pasangan calon terpilih maupun parpol pengusung pemenang menerima aspirasi dari pasangan/parpol yang belum terpilih. ”Terutama program-program

(yang sudah dipaparkan, Red) pada debat lalu. Ini bagian dari menerima aspirasi mereka. Tolong ditampung (aspirasi itu, Red) melalui RPJMD. Dan itu sangat logis dalam kontestasi pilkada,” katanya.

Sementara itu, DPD Partai Demokrat Jatim menegaskan bahwa hasil quick count pilgub Jatim sudah bisa menjadi acuan untuk menentukan siapa pasangan cagub-cawagub terpilih. ”Pakde Karwo (sapaan Soekarwo, Red) dan kami yakin hasil itu telah bisa dijadikan acuan. Namun memang belum legitimate­d,” kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio.

Karena itu, pihaknya sepakat tetap menunggu hasil rekapitula­si yang dilakukan KPU. ”Sambil kami bersama seluruh tim pemenangan terus mengawal agar proses penghitung­an benar-benar sesuai,” ucapnya.

Meskipun telah berikhtiar, kalau hasilnya berkata lain, maka mari kita kembalikan bahwa itu sudah diatur Yang Mahakuasa.”

SOEKARWO Gubernur Jawa Timur

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia