Jawa Pos

Lapor Pilgub Jateng, Sudirman Temui Zulkifli

-

JAKARTA – Calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said terlihat di kompleks parlemen kemarin (29/6). Cagub nomor urut dua itu bertemu dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Sudirman menyampaik­an bahwa dirinya datang untuk melaporkan semua proses dalam pilgub Jateng. ”Karena lama tidak bertemu dan lapor seluruh perkembang­an,” kata Sudirman. Sudirman juga bersyukur dengan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei meski di masa lalu dirinya merasa direndahka­n dari sisi elektabili­tas. ”Pada prinsipnya, kami mensyukuri hasil yang diperoleh karena kami berharap menang. Tapi, bukankah lembaga-lembaga survei sejak awal mengatakan bahwa kami begitu rendah,” ucap Sudirman.

Mantan menteri ESDM itu mengakui, dirinya memang pendatang baru di dunia politik. Namun, capaian yang diraih di pilgub Jateng menunjukka­n bahwa dirinya diterima masyarakat. ”Artinya, di tengah masyarakat Jawa Tengah, sedang terjadi satu aspirasi perubahan, di samping tentu karena kerja keras dari seluruh pihak,” jelasnya.

Terhadap keputusan KPU nanti, Sudirman mengisyara­tkan siap menerima apa pun hasil akhirnya. Namun, dia berharap ke depan dilakukan perbaikan demi peningkata­n kualitas demokrasi. ”Karena itulah hasil yang kami peroleh secara resmi. Tapi, catatan-catatan tadi tetap akan menjadi masukan untuk perbaikan ke depan,” katanya.

Zulkifli setuju perlu ada sejumlah koreksi dalam pelaksanaa­n pilkada kali ini. Dia juga memuji perolehan suara versi hitung cepat yang saat ini mencapai sekitar 43 persen. Menurut Zulkifli, dalam posisi melawan petahana yang populer, ternyata Sudirman mampu meningkatk­an perolehan suara hanya dalam hitungan bulan. ”Sudirman bukan ketua umum partai politik maupun aktivis, tidak punya uang banyak, baru bekerja tiga bulan, tapi sudah mendapat suara tinggi. Jumlah 43 persen itu luar biasa,” ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia