Jawa Pos

Gagal Capai Target Partisipas­i Pemilih

-

SURABAYA – KPU gagal memenuhi target partisipas­i pemilih di pilkada. Dari target 77,5 persen, KPU merilis partisipas­i pemilih hanya 73,24 persen atau minus 4,26 poin. Sisanya, yakni 26,76 persen, memilih tidak mencoblos alias golput.

Angka partisipas­i itu merupakan hasil akumulasi real count dari semua daerah hingga kemarin sore (29/6). Sebagian daerah masih belum bisa mengirim hasil scan C1 hingga 100 persen. Termasuk Provinsi Maluku dan Papua yang hingga kemarin sore setoran C1-nya belum bisa tembus 80 persen. Selebihnya, 15 provinsi lain hampir menuntaska­n pengiriman C1 sehingga angka partisipas­i pemilih bisa dihitung lebih tepat.

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, banyak faktor yang memengaruh­i partisipas­i pemilih. Yang paling menentukan adalah profil calon kepala daerah. ”Dari aspek politik, profil paslon yang menjadi penentu,” ujar Hasyim saat ditemui di kantor KPU kemarin.

Aspek teknis juga ikut menentukan. Salah satunya terkait dengan sosialisas­i. Menurut Hasyim, selama ini KPU RI, KPU provinsi, dan KPU kabupaten/ kota sudah gencar melakukan sosialisas­i. Apalagi, jelas dia, waktu pemungutan suara ditetapkan sebagai hari libur nasional. Seharusnya banyak warga yang datang ke TPS untuk memilih. Sebab, mereka libur kerja sehingga punya waktu luang untuk menyalurka­n hak pilih.

Hasyim menyatakan, KPU belum melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap angka partisipas­i masyarakat. Sampai sekarang rekapitula­si belum selesai. Proses rekapitula­si manual masih dilakukan di tingkat kecamatan. Selain itu, akan dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) di sejumlah daerah. Ada sebelas TPS di sembilan daerah yang akan mengadakan coblosan ulang.

Pihaknya, tegas Hasyim, belum bisa memastikan apakah partisipas­i masyarakat pada pilkada serentak kali ini mencapai target 78 persen. Angka partisipas­i baru akan diketahui setelah proses rekapitula­si selesai semua. ”Nanti juga akan kami evaluasi apa saja masalahnya,” ucap dia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia