Jawa Pos

Kini Siapkan Layanan di Kupang Indah

-

ZONA air minum prima (ZAMP) tidak hanya diuji coba di Ngagel Tirto. Sebanyak 50 pelanggan di Kupang Indah juga bakal mendapatka­n layanan air minum langsung dari keran rumah.

Koordinato­r proyek ZAMP PDAM Surya Sembada Marven Katamsi menerangka­n bahwa proyek tersebut juga bakal menjadi bagian uji coba. Sistemnya hampir sama dengan pengaliran air minum di Ngagel Tirto. Air PDAM disaring lagi dengan alat khusus yang merupakan pinjaman dari salah satu perusahaan swasta. ’’Ini juga sedang kami siapkan,’’ terangnya.

Sebelumnya, PDAM menerima bantuan dari PT Deerfos dari Korea Selatan. Alat itu kini dipakai untuk menjernihk­an air bagi seratus pelanggan di Ngagel Tirto. Namun, alat tersebut tak digunakan lagi karena PDAM membeli sendiri filter itu.

Marven menerangka­n, tahap lelang untuk pengembang­an ZAMP di Ngagel Tirto tuntas. Pelanggan yang dialiri bakal bertambah dari 100 pelanggan menjadi 300 pelanggan. Pemenang lelang rencananya kembali memakai alat dari Deerfos. ’’Saat ini kami masih siapkan tempat untuk instalasi air tersebut,’’ ujarnya.

Instalasi air minum tersebut akan ditutup dengan dinding kaca. Hal itu dilakukan agar warga lebih percaya dengan sistem pengolahan air minum tersebut. Instalasi yang terpasang sekarang berada di dalam kontainer dan tertutup.

Jika proyek itu sukses, air minum langsung ke pelanggan bakal disebarlua­skan ke wilayah lain. Hal tersebut dilakukan agar warga mendapatka­n hak atas air dan mengurangi konsumsi air minum dalam kemasan (AMDK).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia