Jawa Pos

Si Kecil Mengenal Tipologi Bangunan

-

SURABAYA – Bagi seorang arsitek, mengetahui tipologi bangunan merupakan keharusan. Namun, untuk mengenalka­n hal tersebut kepada anak-anak, diperlukan cara yang lebih mudah dimengerti.

Pada Kamis (28/6) anak-anak siswa holiday programme

Smarch Architectu­re Course usia 4–6 tahun diajak belajar tipologi bangunan melalui maket 3D. Mereka membuatnya dari styrofoam. Sebelumnya, mereka diajak untuk field trip

di sekitar kawasan Monumen Kapal Selam (Monkasel). Di sana mereka melihat dan mengenali karakteris­tik tiap-tiap bangunan. ’’Kalau monumen, bangunanny­a harus ikonik. Kalau hotel, karena banyak kamar, jadi jendelanya juga banyak,’’ tutur Maria Levina, owner Smarch Architectu­re Course.

Beberapa siswa terlihat sibuk menempatka­n sebuah bangunan dari styrofoam di atas papan. Mereka mencoba mengingat ada gedung apa saja di sekitar Monkasel. Banyak bentuk bangunan yang akan mereka pasang. Salah satunya, mal di samping Monkasel.

Namanya juga anak-anak, terkadang mereka bercanda dengan temannya saat proses membuat maket berlangsun­g. Evangeline Aurelia Chen, siswa, terlihat asyik mengikuti kegiatan itu. Tetapi, dia mengaku, ada beberapa detail bangunan yang kelupaan. ’’Soalnya kan di sana banyak bangunan. Ada yang tidak ingat..hehe,’’ katanya jujur.

Willy Chandra, pengajar, menyatakan bahwa pada aktivitas field trip sebelumnya, anak-anak diajak mengenal bangunan. Mulai bangunan komersial, gedung pemerintah­an, hingga area terbuka (open space). Tema program liburan yang diikuti anak-anak tersebut adalah Happy Town. ’’Nah, setelah observasi di lapangan, implementa­sinya membuat maket,’’ tuturnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? SUDAH JADI: Anak-anak memperliha­tkan maket-maket buatan mereka. Melalui pembuatan maket, mereka belajar tentang tipologi bangunan dan tata kota.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS SUDAH JADI: Anak-anak memperliha­tkan maket-maket buatan mereka. Melalui pembuatan maket, mereka belajar tentang tipologi bangunan dan tata kota.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia