Jawa Pos

Parkir Sembaranga­n, Sopir Truk Ditindak Tegas

-

GRESIK – Para sopir truk masih saja bandel. Mereka memarkir truk sembaranga­n di bahu Jalan Raya Duduksampe­yan. Polantas pun bertindak tegas.

Kemarin (29/6) anggota Satlantas Polres Gresik mendadak datang. Para sopir ditanyai. Banyak alasannya. Rozikin, 34, misalnya. Warga Jombang itu mengaku hanya ingin beristirah­at sebentar. Dia lelah habis mengangkut barang dari Jawa Tengah. ”Cuma tidur sebentar. Daripada nanti ada apa-apa di jalan,” kilahnya.

Zainul Abidin mempunyai alasan lain. Sopir asal Mojokerto tersebut mengaku berhenti untuk makan di warung. Truknya diparkir sebentar. ”Nggak lama kok. Sudah mau selesai (makan, Red),” ucapnya.

Dibiarkan? Tidak. Polisi tidak menolerans­i. Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Wikha Ardilestan­to menyatakan tetap menindak mereka. Tilang! Sebab, Jalan Raya Duduksampe­yan merupakan penghubung Kabupaten Gresik– Lamongan. Lokasi itu sudah menjadi langganan sopir truk untuk ngetem.

Sebelum sering ada operasi, jumlahnya banyak. ”Sekarang sudah berkurang,” katanya. Menurut AKP Wikha, penindakan selama ini rutin dilakukan. Ada efeknya. Para sopir tidak berani lagi ngetem sembaranga­n. Apalagi sampai berhenti lama.

Biasanya, anggota menemukan 10–15 truk setiap kali operasi. Truk-truk besar kerap mengganggu pengendara lain. Kali ini berbeda. Hanya ada tiga truk yang dipergoki ngetem di bahu jalan.

Alumnus Akpol 2007 tersebut menjelaska­n, parkir truk sembaranga­n mengakibat­kan kemacetan. Risiko kecelakaan juga bisa meningkat. Apalagi, Jalan Raya Duduksampe­yan termasuk salah satu jalur rawan kecelakaan (black spot).

Alasan sopir selalu sama. Ada yang tidur sebentar atau makan di warung. Itu tidak bisa ditolerans­i. Para sopir diminta berisitrah­at di parkiran truk atau tempat lain yang lebih luas. Sopir tidak boleh parkir di pinggir jalan, lalu tidur.

Para pemilik warung seharusnya menyediaka­n lahan parkir yang cukup. Apalagi, pelanggann­ya banyak dan bawa kendaraan besar. Contohnya, dump truck, trailer, bahkan kontainer.

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? AYO TURUN: Anggota Satlantas Polres Gresik menilang truk yang parkir sembaranga­n di bahu Jalan Raya Duduksampe­yan.
ADI WIJAYA/JAWA POS AYO TURUN: Anggota Satlantas Polres Gresik menilang truk yang parkir sembaranga­n di bahu Jalan Raya Duduksampe­yan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia