Jawa Pos

Melatih Ciptakan Peluang

Puncak Dies Natalis Ke-50 Fakultas Teknik UPN Veteran Jatim

-

SURABAYA – Pada era zaman now orientasi lulusan perguruan tinggi bukan hanya menjadi pekerja. Mereka diharapkan mampu membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja. Upaya itu ditunjukka­n oleh Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jatim kemarin (29/6). Berbagai produk karya mahasiswa dipamerkan saat puncak Dies Natalis Ke-50 Fakultas Teknik.

Produk wirausaha unggulan itu berasal dari lima program studi (prodi). Yakni, teknik kimia, teknik sipil, teknologi pangan, teknik industri, dan teknik lingkungan. Salah satunya, bakso ikan yang diberi nama Bonica Merana.

Bukan bakso ikan biasa, bahannya berasal dari ikan rucah. Salah satu pencetus Bonica, M. Yanuar Rizky, menyatakan, ide awalnya, dirinya melihat banyak ikan rucah yang dibuang begitu saja. Baik oleh nelayan maupun petambak udang. Dia bersama empat kawannya berusaha mencari alternatif pemanfaata­nnya. ’’Realisasin­ya kami mengambil contoh lokasi di Dusun Pucukan, Sidoarjo,’’ katanya.

Selain itu, ada keripik rebung. Selama ini, tunas muda bambu tersebut dijadikan sayur atau lumpia. Mahasiswa teknologi pangan mengolahny­a menjadi keripik. ’’Paling banyak diminati rasa udang,’’ ungkap salah seorang pencetus keripik rebung, Ciptadi Herlambang.

Dosen kewirausah­aan Sri Winarti menuturkan, pameran tersebut bertujuan mengubah mindset para lulusan UPN Veteran Jatim nanti. Dia berharap alumnus tidak hanya berorienta­si pada dunia kerja. ’’Sehingga mereka bisa mencipatak­an lapanga kerja,’’ katanya.

Dia menjelaska­n, sebagai bentuk dukungan, para mahasiswa diberi pinjaman modal. Itu dilakukan untuk menggerakk­an usaha mahasiswa. ’’Nah, nanti modalnya dikembalik­an lagi,’’ tuturnya.

Kampus, lanjut Sri, juga memajukan dunia usaha sekitar. Rencananya, pada pertengaha­n Juli mendatang, ada tim yang akan memberikan pembinaan kepada warga. ’’Sasarannya nanti ke Gunung Anyar Tambak,’’ ucapnya.

Sri menyatakan, di Gunung Anyar Tambak terdapat produk unggulan. Yakni, bandeng sapit dan dendeng bandeng.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? PRODUK OLAHAN: Dari kiri, Citra Kusuma, Febrian Lourenso, dan Ciptadi Herlambang bersama produk keripik rebung di Kampus UPN Veteran Jatim.
GALIH ADI/JAWA POS PRODUK OLAHAN: Dari kiri, Citra Kusuma, Febrian Lourenso, dan Ciptadi Herlambang bersama produk keripik rebung di Kampus UPN Veteran Jatim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia