Jawa Pos

Belajar tentang Kebangsaan dan Bela Negara

-

SURABAYA – Agar rasa cinta tanah air di kalangan generasi milenial tak luntur, Komando Armada (Koarmada) II mengundang 181 remaja dari berbagai organisasi masyarakat dan keagamaan di Panti Tjahaja Armada (PTA) Dermaga Ujung kemarin (29/6). Mereka diajak membahas berbagai isu kenegaraan dalam acara Komunikasi Sosial (Komsos) TNI tersebut.

Kepala Staf Komando Armada (Kaskoamard­a) II Laksma TNI I Nyoman Gde Sudihartaw­an menegaskan pentingnya menanamkan rasa bangga sebagai warga Indonesia kepada anak-anak muda. Pria yang saat itu mewakili Panglima Koarmada Laksda TNI Didik Setiyono mengatakan bahwa arus informasi global yang deras dan tak tersaring bisa memicu konflik di berbagai level.

”Di saat inilah identitas kita sebagai warga Indonesia harus kembali diangkat dan didefinisi­kan. Bukan primordial­isme (paham yang mementingk­an satu agama, kepercayaa­n, atau suku) yang justru membuat keberagama­n seakan sesuatu yang negatif,” tegasnya di hadapan para remaja masjid, anggota perhimpuna­n pemuda Hindu, jemaat remaja GBIP, Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawiraw­an Indonesia (FKPPI), hingga mahasiswa Universita­s dr Soetomo dan Poltekpel.

”Dengan mengundang mereka, kami harap mereka bisa mendapatka­n ilmu yang benar tentang bagaimana menjadi pembela bangsa yang baik. Dan barangkali mereka juga bisa jadi agen untuk menyebarka­n ilmu tersebut kepada teman-teman mereka,” ungkapnya.

Salah seorang peserta Komsos Koarmada II Ni Nengah Widiani mengatakan, dirinya sebenarnya belum tahu benar apa arti bela negara pada era ini. Namun, dia mengaku semangat seharian mengikuti seminar dan diskusi karena ingin tahu bagaimana menangani perpecahan yang terjadi di lingkungan.

”Di lingkungan teman-teman saya saja sudah terlihat tanda-tandanya. Maka, saya mau ikut acara ini supaya bisa dapat ilmu sekaligus diskusi dengan temanteman,” ujar perempuan 16 tahun itu.

 ?? MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS ?? LINTAS SEGALANYA: Sebagian remaja diundang dalam acara Komsos kemarin. Mereka hadir dari berbagai organisasi dan agama.
MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS LINTAS SEGALANYA: Sebagian remaja diundang dalam acara Komsos kemarin. Mereka hadir dari berbagai organisasi dan agama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia