Jawa Pos

Terjunkan Tim Labfor ke TKP

-

SIDOARJO – Kebakaran di gudang bahan kimia milik PT Sari Sarana Kimiatama (PT SSK) Taman mendapat atensi dari polisi. Misteri penyebab munculnya percikan api ditelusuri. Bukan tidak mungkin ada unsur kelalaian dalam peristiwa itu.

Kapolsek Taman AKP Samirin menyatakan, pihaknya sudah meminta keterangan sejumlah pegawai gudang. Mereka berada di sekitar titik awal area kebakaran. ’’Awalnya ada percikan api yang disusul ledakan,’’ ujarnya kemarin (29/6).

Kasatreskr­im Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris menuturkan, teka-teki kepastian penyebab kebakaran mendapat perhatian. Guna mendapatka­n titik terang, pihaknya meminta bantuan Laboratori­um Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya. ’’Tim sudah turun,’’ tuturnya.

Dia memaparkan, petugas membawa beberapa barang bukti dari lokasi kebakaran untuk dianalisis. Yakni, abu dari titik awal kebakaran, alat kontrol indikator truk tangki bernopol B 9390 BFU yang terbakar, dan satu botol cairan toluene. ’’Hasil uji labfor bisa dipertangg­ungjawabka­n,’’ ucapnya.

Bahan dasar cairan kimia itu, kata dia, menjadi fokus pemeriksaa­n. Termasuk kemungkina­n bahwa cairan tersebut menjadi penyebab awal kebakaran. ’’Dampaknya apa kalau diletakkan di tempat panas, itu juga dipelajari labfor,’’ tuturnya.

Bagaimana dengan kabar awal bahwa sumber api berasal dari ledakan di truk tangki yang tengah mengisi tiner? Harris mengatakan, kemungkina­n itu juga didalami. Dari sudut pandangnya, kemungkina­n tersebut cukup kecil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia