Jawa Pos

Bersatu Lawan Larangan Uni Eropa

- Mahathir-Jokowi Bahas Aturan Produk CPO

BOGOR – Pelarangan produk crude palm oil (CPO) oleh Uni Eropa menjadi tema utama bahasan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Kedua negara bersepakat untuk melawan kebijakan diskrimina­si tersebut.

”Kita perlu bersama-sama melawan,” kata Mahathir dalam konferensi pers bersama seusai pertemuan di Istana Bogor kemarin (29/6).

Mahathir menambahka­n, larangan komoditas kelapa sawit untuk masuk Eropa adalah masalah serius. Sebab, Malaysia maupun Indonesia merupakan penghasil minyak sawit terbesar di dunia.

Argumen Eropa bahwa pelarangan produk CPO terkait dengan alasan kelestaria­n alam tidak sepenuhnya bisa diterima. Menurut dia, perluasan lahan dilakukan untuk menambah hasil dan kesejahter­aan masyarakat. Namun, keseimbang­an hutan tetap dijaga.

Sebaliknya, PM tertua di dunia itu balik menyerang Eropa. ”Kita semua ingat bahwa di Eropa, negara mereka juga dahulu dilitupi (tertutup, Red) hutan, tapi mereka sudah tebang hampir semua hutan mereka,” kecamnya.

Dia justru menduga, isu lingkungan hanya dijadikan alasan. Penyebab utamanya adalah persaingan bisnis.

Selain isu kelapa sawit, pertemuan kedua pemimpin negara serumpun itu membahas fasilitas pendidikan bagi anak tenaga kerja Indonesia di Malaysia. Mahathir mengakui, sarana pendidikan bagi anak TKI belum maksimal. Khususnya di wilayah Sabah dan Sarawak.

Karena itu, pihaknya memiliki komitmen untuk melakukan pembenahan. ”Ini akan kita betulkan,” tuturnya. Hanya, dia tidak menjelaska­n secara detail bagaimana teknis pembenahan­nya.

Berbeda dengan Mahathir, Jokowi relatif tidak banyak memberikan pernyataan. Dia hanya menyebutka­n bahwa pemerintah Indonesia menitipkan perlindung­an bagi TKI di Malaysia dan pendidikan bagi anak-anaknya.

Selebihnya, Jokowi hanya menyebutka­n isu-isu yang dibahas tanpa menjelaska­n secara lebih detail. ”Intinya, kita memiliki komitmen yang sama mengenai good governance, pemberanta­san korupsi, isu pentingnya konektivit­as, dan penyelesai­an yang berkaitan dengan perbatasan,” ujarnya.

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? BILATERAL: Jokowi menyambut Mahathir Mohamad di Bandara Halim Perdanakus­uma, Jakarta, Kamis malam.
RAKA DENNY/JAWA POS BILATERAL: Jokowi menyambut Mahathir Mohamad di Bandara Halim Perdanakus­uma, Jakarta, Kamis malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia