Jawa Pos

Agus Kuncoro Hanya Libur Bersepeda Sehari dalam Sepekan Dua Jam Saja, Bisa Dapat Segalanya

-

Aktor karismatik Agus Kuncoro mulai menggilai sepeda sejak sembilan tahun lalu. Bagi pria 45 tahun tersebut, sepeda adalah olahraga yang menyediaka­n paket lengkap. Tak kalah penting, sepeda membikin dia sangat fokus dalam syuting.

CYCLIST anggota komunitas sepeda Bintaro Loop rutin melakukan latihan hampir setiap pagi sepanjang pekan. Rutenya cukup akrab, yakni di jalanan Bintaro Boulevard.

Sejak sepi sampai banyak kendaraan bermotor yang lalu-lalang, para cyclist tetap berfokus mengayuh pedal. Mereka terlihat cukup hati-hati, tetap memperhati­kan kondisi jalanan.

Dari puluhan cyclist yang ambil bagian dalam latihan itu, ada satu yang wajahnya cukup familier. Dia adalah Agus Kuncoro, salah seorang aktor terkenal Indonesia.

Penampilan­nya keren dan seragam. Menunggang road bike berwarna hitam, jersey dan celananya juga hitam. Begitu pula kacamata, sarung tangan, serta sepatunya. Namun, dia memakai helm putih. Cukup kontras. Namun, tujuannya semata untuk keselamata­n. Agar orang lain mudah melihatnya.

Agus mengaku menemukan kesenangan besar dengan bersepeda. Olahraga yang dia geluti sejak 2009. ’’Dulu saya main all mountain. Tapi sayangnya makan waktu, pergi pagi pulang malam,’’ katanya. Sebagai aktor tenar dengan segunung jadwal syuting, waktu adalah hal yang sangat berharga bagi dia.

Karena itulah, pada 2012, Agus lantas pindah haluan dan menggeluti sepeda jenis fixed gear. Sebentar di sana, hati Agus tertambat pada road bike. ’’Kalau

road bike pas waktunya, dua jam saja sudah dapat kardio, refleks. Semuanya dapat,’’ ujarnya.

Maklum, dengan jadwal syuting

strippings­inetronyan­gmenumpuk, tentu tidak ada pilihan yang paling bijak selain memilih olahraga yang efisien. Waktunya sempit, namun berdampak besar. Dengan begitu, jadwal bersepeda dan aktivitas syuting tetap berjalan beriringan. ’’Bersepeda membuat saya tetap fit. Kerjaan juga bisa lebih fokus,’’ terangnya.

Nah, untuk istirahat, Agus juga cukup ketat dalam menjaga waktu. Minimal dia harus tidur empat jam sebelum bersepeda. Tujuannya, dia bisa menghindar dari masalah cedera ketika latihan.

Kini Agus lebih sering berlatih bersama Bintaro Loop. Beberapa kali dia ikut ambil bagian dalam sebuah tur. Mulai bersepeda Jakarta ke Bandung. Sempat juga dia melakoni tur ke Bali. Tetapi, demi menghindar­i bentrokan dengan jadwal syuting sinetron, Agus memang harus membatasi diri. Tidak bisa bebas seluas-luasnya. ’’Ya minimal, dalam setahun ada agenda

touring,’’ ujarnya.

Bapak satu anak itu juga mendapat dukungan penuh dari sang istri, Anggia Jelita. Kebetulan, Anggia juga merupakan penggemar olahraga. Berbeda dengan Agus, Anggia lebih doyan berlari, khususnya trail run.

’’Di usia seperti saya yang sudah di atas 40 tahun, saya lebih bijak memilih olahraga. Bersepeda saya pilih karena tidak ada kontak fisik di situ dan minim impact pada persendian,’’ kata pria yang menanjak namanya ketika berperan sebagai Azam dalam sinetron Para Pencari Tuhan tersebut.

Mengacu jadwal latihan yang dipegang, Agus hanya off

bersepeda pada Senin. Sisanya, minimal dia menempuh jarak 50 km. Itu setara dengan 5–6 kali putaran jalur Bintaro Loop.

Saat Sabtu-Minggu, peraih penghargaa­n Pemeran Pendukung Pria Terbaik pada ajang Indonesian Movie Actors Awards 2017 tersebut melibas tidak kurang dari 90 kilometer. Bahkan, ketika turun hujan, Agus tidak meninggalk­an rutinitasn­ya. Dia memanfaatk­an virtual cycling

dengan menggunaka­n Wahoo Kickr di dalam rumah. ’’Tapi, apa pun itu, paling enak outdoor. Panasnya, anginnya, kumpul sama teman-teman, semua dapat,’’ tandasnya.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? LEBIH FIT: Aktor Agus Kuncoro mulai mencintai olahraga bersepeda sejak 2009. Awalnya dia mamakai sepeda all-mountain. Namun, mulai 2012, Agus fokus pada fixed gear dan lantas memakai road bike.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS LEBIH FIT: Aktor Agus Kuncoro mulai mencintai olahraga bersepeda sejak 2009. Awalnya dia mamakai sepeda all-mountain. Namun, mulai 2012, Agus fokus pada fixed gear dan lantas memakai road bike.
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? AKTIF: Agus sering berlatih bersama komunitas sepeda Bintaro Loop Jakarta. Beberapa kali dia bahkan ikut tur bersepeda mulai dari Jakarta sampai Bandung hingga Jakarta-Bali.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS AKTIF: Agus sering berlatih bersama komunitas sepeda Bintaro Loop Jakarta. Beberapa kali dia bahkan ikut tur bersepeda mulai dari Jakarta sampai Bandung hingga Jakarta-Bali.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia