Jawa Pos

Kasus Penipuan Online Paling Banyak

Pengungkap­an Kejahatan Semester I Meningkat

-

GRESIK – Tindak kejahatan terus terjadi di Kota Giri. Polisi terus melakukan antisipasi. Salah satunya menggelar patroli rutin di seluruh wilayah. Hasilnya, pengungkap­an kasus kejahatan meningkat.

Kasus pencurian hewan ternak yang terjadi di wilayah utara, misalnya. Pada Mei lalu, polisi berhasil mengamanka­n tiga pelaku. Yakni, Fajar Abrori, Habib Sholahudin, dan Jiyanto. Mereka adalah komplotan spesialis pencuri ternak yang kerap meresahkan masyarakat di wilayah Panceng, Ujungpangk­ah, dan Bungah.

Ada 20 peternak yang sudah menjadi korban. Namun, tidak semua membuat laporan. ”Ada delapan orang yang tidak laporan,” ujar Kasatreskr­im Polres Gresik AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo kemarin (30/6).

Pencurian hewan ternak tersebut menjadi kasus paling besar yang ditangani selama enam bulan terakhir. Total ada 12 laporan polisi (LP) yang masuk. Kasus tersebut membuat jumlah ungkap kasus pencurian dengan pemberat (curat) meningkat.

Pada semester I tahun 2017, hanya ada 16 kasus curat yang ditangani. Tahun ini, jumlahnya naik. Ada 24 kasus curat yang ditangani satreskrim selama Januari hingga Juni (lihat grafis).

Andaru mengungkap­kan, kejahatan 3C (curat, curas, dan curanmor) memang mendapatka­n atensi lebih. Sebab, tindak kejahatan 3C dianggap paling meresahkan. Anggota reskrim dikerahkan untuk patroli di seluruh wilayah. ”Khususnya wilayahwil­ayah rawan,” ujarnya.

Berbeda halnya dengan kasus penipuan. Ada peningkata­n cukup signifikan pada ungkap kasus penipuan. Tahun lalu, jumlah kasus penipuan yang ditangani hanya 44. Pada semester I tahun ini, jumlahnya naik lebih dari 50 persen.

Penipuan bermodus jual beli online cukup banyak. Beberapa korban mudah percaya dengan orang yang memperdaga­ngkan barang di media sosial. Setelah uang ditransfer, barang yang dipesan tidak dikirim. Alumnus Akpol 2009 itu menilai, penanganan kasus penipuan berbeda dengan kasus pencurian. Penipuan tidak bisa diantisipa­si dengan patroli. ”Itu bergantung calon korbannya,” jelasnya.

Pelaku penipuan kerap mencari calon korban yang pengetahua­nnya kurang. Ada pula yang menyalahgu­nakan kepercayaa­n. ”Harus lebih cermat dan hatihati,” tegas polisi dengan tiga balok di pundak tersebut.

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? PENGHORMAT­AN: Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro bersama istri menaburkan bunga di atas pusara salah satu pahlawan nasional di TMP Gresik kemarin. Jajaran polres menggelar apel di TMP sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-72 Bhayangkar­a.
ADI WIJAYA/JAWA POS PENGHORMAT­AN: Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro bersama istri menaburkan bunga di atas pusara salah satu pahlawan nasional di TMP Gresik kemarin. Jajaran polres menggelar apel di TMP sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-72 Bhayangkar­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia