Jawa Pos

AHY: Semua Bergantung pada Tokohnya

Temui Khofifah, Tegaskan Komitmen Dukungan

-

SURABAYA – Pilgub Jatim menunjukka­n bahwa daya tarik utama ada pada ketokohan, bukan partai politik. Hal itu diakui Komandan Komando Satgas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono setelah bertandang ke kediaman cagub Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa kemarin (1/7). Meski demikian, dia yakin peran partai tetap tidak bisa diabaikan dalam kontestasi.

AHY tiba di kediaman Khofifah di kawasan Jemursari, Surabaya, pukul 11.00. Dia disambut langsung oleh tuan rumah yang didampingi calon ketua tim penggerak PKK Jatim Arumi Dardak. Para pendukung KhofifahEm­il menyambutn­ya dengan nasyid Thala’al Badru. Ketiganya mengadakan pertemuan tertutup sekitar 45 menit di ruang tamu kediaman Khofifah.

Menurut AHY, Jawa Timur merupakan salah satu kisah sukses pilkada bagi Partai Demokrat. Sekaligus pelajaran penting dalam kontestasi demokrasi. Bila dikalkulas­i, konstituen partai pendukung Khofifah-Emil hanya 42 persen dari total konstituen seluruh partai di Jatim. Sementara itu, real count terakhir KPU menunjukka­n Khofifah-Emil mendapatka­n lebih dari 53 persen suara.

”Ini pelajaran penting bahwa pada akhirnya semua tergantung pada tokohnya,” tutur AHY, sapaan Agus. Meski partai pengusung memiliki konstituen besar, hasilnya belum tentu sama bila tokoh yang diusung tidak sesuai harapan konstituen. Ketokohan paslon menjadi kunci keterpilih­an oleh konstituen.

Kehadirann­ya di kediaman Khofifah menyampaik­an selamat atas keterpilih­an cagub nomor urut 1 itu. Dia berharap langkah tersebut tidak berhenti pada pemilihan. Pihaknya berkomitme­n mengawal pemerintah­an Khofifah di Jatim.

Sementara itu, Khofifah menuturkan, SBY sudah menyampaik­an ucapan selamat melalui telepon pada 27 Juni lalu, beberapa jam setelah TPS ditutup. Menurut dia, apresiasi tersebut bagian dari penguatan pihaknya yang akan melanjutka­n tongkat kepemimpin­an Jatim. ”Pemerintah­an ini membutuhka­n strong partnershi­p antara eksekutif dan legislatif,” terangnya. Dalam hal ini, legislatif adalah representa­si partai.

 ?? GALIHCOKRO/JAWA POS ?? UCAPKAN SELAMAT: Khofifah Indar Parawansa berswafoto dengan Agus Harimurti Yudhoyono yang berkunjung ke kediaman mantan menteri sosial itu di Surabaya kemarin.
GALIHCOKRO/JAWA POS UCAPKAN SELAMAT: Khofifah Indar Parawansa berswafoto dengan Agus Harimurti Yudhoyono yang berkunjung ke kediaman mantan menteri sosial itu di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia