Jawa Pos

Berita Editan Argentina Menang Lawan Prancis

-

SEBUAH foto gambar televisi yang menayangka­n acara olahraga di tvOne beredar di media sosial. Banyak yang mengira tvOne keliru menyampaik­an berita hasil pertanding­an Piala Dunia antara Argentina melawan Prancis. Di gambar tersebut, hasil pertanding­an tertulis Argentina vs Prancis 4-3.

Hasil yang sebenarnya justru terbalik. Argentina kalah 3-4 dari Prancis. Mereka yang belum move on dari konflik politik pun mengaitkan kabar keliru tersebut dengan salah seorang kandidat dalam Pilpres 2014. Misalnya, posting-an akun Facebook Loem (facebook. com/mbs.b.santoso) berikut ini.

’’Jiaaamput sampai kaget loh kl lihat britanya laaah kog malah menang loh Argentina 4-3 Lawan Prancis??? TV ONE memang (logo jempol)!!! Persis di Pilpres 2014 Prabowo dinyatakan menang, sdh deklarasi siaran langsung di tipinya menyatakan kemenangan­nya dan bahkan melakukan sujud syukur nungging di lantai rame2, .... eee mlh gagal maning-gagal maning. Memang TV ONE hebat bisa mengubah yang biasa jadi luar biasa’’.

Akun Facebook Loem mem- posting tulisan di atas pada Minggu siang, 1 Juli 2018. Dia juga mengunggah dua foto. Pertama, foto yang memperliha­tkan siaran tvOne dengan running text bertulisan Piala Dunia: Argentina Menang 4-3 atas Prancis. Foto kedua, siaran tvOne dengan penampakan Prabowo Subianto sedang berpidato.

Manajemen tvOne langsung bereaksi atas beredarnya kabar tersebut. Menurut mereka, foto yang beredar itu telah mengalami rekayasa. Pelakunya, akun Instagram @bola_gila. PR Manager tvOne Raldy Doy menegaskan bahwa tindakan tidak bertanggun­g jawab dalam bentuk kejahatan melalui media sosial dilakukan akun Instagram @ bola_gila.

Akun tersebut menyebarka­n produk editan seakan-akan asli tayangan tvOne. Karena itu, stasiun televisi yang berkantor di kawasan industri Pulogadung tersebut melaporkan akun @ bola_gila ke kepolisian. Menurut rilis yang dikeluarka­n tvOne, pada 30 Juni 2018 pukul 23.09 (seperti yang tertulis di running text editan), tvOne tidak menayangka­n program Kabar Arena malam. Pada tanggal dan jam itu, justru mereka menayangka­n program One Pride Pro Never Quit.

’’Program Kabar Arena tidak tayang pada Minggu, baik dini hari maupun malam,’’ tulis Raldy Doy dalam rilisnya. Selain itu, presenter Sandra Olga yang terdapat pada gambar editan tersebut pada hari dan jam yang disebutkan sedang bertugas live di media lain. Mungkin yang mengedit gambar tvOne tersebut merupakan penggemar sejati Lionel Messi yang terlalu kecewa. Jadi, untuk menghibur diri, dia mengedit agar Argentina menang lawan Prancis.

FAKTA Screenshot tayangan tvOne yang mengabarka­n kemenangan Argentina atas Prancis adalah hasil rekayasa salah seorang pemilik akun Instagram. Manajemen tvOne telah melaporkan akun tersebut ke kepolisian.

 ??  ??
 ?? CHIS/JAWA POS ??
CHIS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia