Jawa Pos

Menjaga Cerita Panji yang Melanglang Buana

-

PANDAAN – Cerita sastra Panji sangat melegenda di Nusantara. Bahkan, kisah kepahlawan­an asmara dengan tokoh sentral Raden Inukertapa­ti (Panji Asmorobang­un) dan Dewi Sekartaji itu sudah melanglang buana hingga Asia Tenggara. Untuk menjaga kelestaria­n warisan budaya tersebut, pemerintah menggelar Festival Internasio­nal Panji 2018 di Bali, Jatim, Jogja, dan DKI Jakarta.

Tadi malam (1/7) Jawa Timur mendapat giliran pelaksanaa­n festival. Pembukaan dilaksanak­an di Taman Candrawilw­atikta Pandaan, Pasuruan. ”Acara dimulai di Pandaan, lalu berlanjut ke Kota Malang, Blitar, Tulungagun­g, dan Kediri. Tema festival adalah Panji Merajut Keharmonis­an Nusantara,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Jarianto kepada Radar Bromo (Jawa Pos Group).

Dia menjelaska­n, cerita sastra Panji merupakan kekayaan sastra Jatim sekaligus local genius nenek moyang bangsa Indonesia. Cerita itu sangat populer dan digemari masyarakat dari masa ke masa sehingga cepat menyebar ke wilayah Nusantara, bahkan melanglang buana ke Asia Tenggara, terutama Malaysia, Kamboja, dan Thailand. ”Cerita Panji juga diabadikan di beberapa relief candi di Jawa Timur,” paparnya.

Agar aset penting itu tetap lestari, lanjut dia, diperlukan upaya revitalisa­si untuk menumbuhka­n kembali memori bersama tentang sastra dan budaya Panji. ”Kami buat dengan tema kekinian dan menarik sehingga generasi milenial mengenal jejak warisan sastra dan budaya Panji,” ujar Jarinto. Upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk Festival Panji Internasio­nal yang akan melibatkan peserta dari Thailand dan Kamboja.

Rangkaian festival menyajikan beragam acara, mulai pameran lukisan dan kerajinan dari bambu, parade musik bambu, kesenian bantengan, reog kendang, musik tradisi, hingga seni pertunjuka­n.

 ?? MOKHAMAD ZUBAIDILLA­H/RADAR BROMO/JAWA POS ?? IKON JATIM: Penampilan seni tari tradisiona­l Turangga Yaksa atau kesenian jaranan khas dari Jawa Timur membuka Festival Internasio­nal Panji 2018 di Taman Candrawilw­atikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, tadi malam.
MOKHAMAD ZUBAIDILLA­H/RADAR BROMO/JAWA POS IKON JATIM: Penampilan seni tari tradisiona­l Turangga Yaksa atau kesenian jaranan khas dari Jawa Timur membuka Festival Internasio­nal Panji 2018 di Taman Candrawilw­atikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia