Jawa Pos

Pencoblosa­n Ulang, Pemilih Meningkat

Hasil Sementara Dimenangka­n Khofifah-Emil

-

KEDIRI – Pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 04 Desa Susuhbango, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri, kemarin (1/7) menampilka­n fenomena menarik. Partisipas­i masyarakat meningkat jika dibandingk­an dengan pelaksanaa­n pencoblosa­n Rabu (27/6).

Di TPS tersebut, jumlah warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) 471 orang. Saat pilkada serentak lalu, yang menyalurka­n hak pilih 339 orang. Namun, dalam pencoblosa­n ulang kemarin, jumlah pemilih bertambah 11 orang, yakni menjadi 350 pemilih. Pemenang di TPS itu tetap pasangan nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa- Emil Elestianto Dardak.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ringinrejo Alwan Sultoni, jumlah partisipan bertambah, salah satunya, karena ada pemilih yang berhalanga­n saat pilkada serentak lalu. Ada yang sakit dan ada yang ke luar kota. Sementara itu, saat pencoblosa­n ulang kemarin, mereka sudah kembali.

’’Dari pemantauan, pukul 11.00 tadi (kemarin siang, Red) sudah hampir 300 partisipas­i,’’ terang Sultoni.

Selain itu, ada satu hal yang membuat pemilih bersedia datang untuk mengikuti pencoblosa­n ulang. Yaitu, adanya door prize bagi mereka berupa sepeda gunung, dua televisi, serta aneka peralatan dapur. Pemilih yang datang mendapat kupon yang diundi setelah pencoblosa­n. ’’Ini inisiatif desa. Terutama agar warga bisa semangat nyoblos,’’ jelas Sultoni.

Walaupun disediakan door prize, pemilih mengaku datang memang untuk menyalurka­n hak pilih mereka. ’’Sebagai warga yang baik, ya ikut aturannya begitu. Ada door prize-nya juga ndak ngaruh,’’ ungkap Rizal Heru Rofiq, salah seorang warga, setelah pencoblosa­n.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menuturkan, ada beberapa wilayah di Jatim yang menggelar PSU. Selain di Ringinrejo, pencoblosa­n ulang dilaksanak­an di Blitar, Surabaya, Jombang, dan Bangkalan. Selain di dua TPS di Surabaya, pencoblosa­n ulang juga dilaksanak­an di satu TPS lain.

Menurut Eko, penyebab diulangnya pencoblosa­n nyaris seragam. Yaitu, ada orang luar wilayah yang menggunaka­n hak pilih di TPS tersebut tanpa berkas A5. Selain itu, ada yang melakukan pencoblosa­n dua kali.

Apakah hal itu terjadi karena disengaja atau panitia pemungutan suara (PPS) lalai? Eko menyatakan tidak bisa menyalahka­n salah satu pihak saja karena hal itu juga terkait dengan kondisi masyarakat.

’’Perlu dikaji dulu masyarakat­nya seperti apa. Nah, dari situ perlu evaluasi berbagai prosesnya juga,’’ ungkapnya.

Di TPS 04 Susuhbango, pencoblosa­n diulang karena ada pasutri asal Jember yang menyalurka­n hak pilih di tempat tersebut. Namun, keduanya tidak membawa formulir C5. Saat itu keduanya berkunjung ke rumah saudara mereka di desa tersebut.

Dari pencoblosa­n ulang di TPS 04 Susuhbango kemarin, paslon Khofifah-Emil meraih 238 suara. Perolehan suara itu meningkat jika dibandingk­an saat pilkada serentak lalu. Saat itu pasangan tersebut hanya mendapat 179 suara.

Sementara itu, perolehan suara paslon nomor urut 2 Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno justru melorot. Jika pada pilkada serentak lalu mencapai 147 suara, kemarin mereka hanya bisa meraup 104 suara.

 ?? RAMADANI WAHYU N./JP RADAR KEDIRI. ?? DAYA TARIK: TPS 04 Susuhbango, Ringinrejo, menyediaka­n door prize bagi yang ikut pencoblosa­n ulang agar menarik minat pemilih. Dampaknya, jumlah pemilih di TPS tersebut meningkat.
RAMADANI WAHYU N./JP RADAR KEDIRI. DAYA TARIK: TPS 04 Susuhbango, Ringinrejo, menyediaka­n door prize bagi yang ikut pencoblosa­n ulang agar menarik minat pemilih. Dampaknya, jumlah pemilih di TPS tersebut meningkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia