Jawa Pos

Pertamax Naik Menjadi Rp 9.500, Pembeli Terkejut

-

PEMERINTAH kembali menaikkan harga bahan bakar khusus (BBK) jenis pertamax, pertamax turbo, dexlite, dan pertamina dex. Kenaikan berlaku sejak pukul 00.00, Minggu dini hari (1/7). Kenaikan tersebut tidak banyak diketahui masyarakat. Mereka baru tahu ada kenaikan ketika membeli bahan bakar minyak di SPBU.

Banyak pembeli yang terkejut karena kenaikanny­a cukup tinggi untuk harga pertamax. Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi, sejumlah SPBU di wilayah Banyuwangi mulai menerapkan harga baru itu sejak Minggu dini hari.

Dari kenaikan tersebut, pertamax yang sebelumnya seharga Rp 8.900 per liter menjadi Rp 9.500. Kemudian, pertamax turbo dari harga Rp 10.150 menjadi Rp 10.700. Selanjutny­a, BBK jenis dexlite mendapatka­n kenaikan paling tinggi dari harga Rp 8.100 per liter menjadi Rp 9.000. Terakhir, BBK jenis pertamina dex yang naik dari harga Rp 10.100 menjadi Rp 10.500.

’’Sudah naik mulai tadi (kemarin, Red) malam. Jadi, pertamax yang sebelumnya Rp 8.900 menjadi Rp 9.500,’’ ujar Vera, salah seorang operator di SPBU Sukowidi.

Salah seorang manajer SPBU di Banyuwangi yang enggan disebutkan namanya mengungkap­kan, pengumuman mengenai kenaikan BBK muncul sejak Sabtu sore (30/6).

Seluruh manajer SPBU diminta untuk stand by dan memantau perubahan harga di website Pertamina hingga pukul 22.00. ’’Pukul 22.00 sudah ada kenaikan, jadi pukul 00.00 langsung kami terapkan. Itu hanya berlaku untuk BBK karena memang harganya fluktuatif, sedangkan BBM subsidi seperti solar dan premium masih tetap sama. Pertalite juga tidak ada kenaikan. Harganya tetap Rp 7.800 per liter,’’ terangnya.

Dia menambahka­n, kenaikan seperti itu kerap kali membuat pengusaha SPBU kebingunga­n. Apalagi jika pemberitah­uanya mendadak pada malam hari. Meski begitu, dia mengaku tak jarang mendapatka­n keuntungan ketika stok BBM masih tersedia di tengah kenaikan harga.

 ?? ARNINDHITA ARIFIN/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? NAIK LAGI: Seorang warga membeli bahan bakar jenis pertamax di SPBU Sukowidi setelah kenaikan harga BBM kemarin.
ARNINDHITA ARIFIN/JAWA POS RADAR BANYUWANGI NAIK LAGI: Seorang warga membeli bahan bakar jenis pertamax di SPBU Sukowidi setelah kenaikan harga BBM kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia