Jawa Pos

MISTERI QUINTO PARTIDO

-

SAMARA – Meksiko bakal berlaga di fase knockout Piala Dunia 2018 dengan membawa rasa penasaran. Bagaimana tidak, dalam enam edisi Piala Dunia sebelumnya atau sejak edisi 1994, El

Tri selalu terhenti di 16 besar. Dimulai secara beruntun dari Bulgaria, Jerman, Amerika Serikat, Argentina (2 kali), dan Belanda.

Misteri quinto partido alias pertanding­an kelima Piala Dunia itu sepertinya masih berlanjut di Rusia musim panas ini. Sebab, lawan Meksiko dalam 16 besar di Cosmos Arena malam nanti (siaran langsung Trans TV pukul 21.00 WIB) adalah Brasil. Seiring tersingkir­nya juara bertahan Jerman, Selecao adalah tim yang paling difavoritk­an mengakhiri turnamen di podium tertinggi.

”Kami sudah memiliki mental kuat (untuk memutus quinto partido),” klaim kapten-gelandang Meksiko Andres Guardado sebagaiman­a dilansir Milenio.

’’Tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola. Seperti saat banyak orang mengira kami bakal tak berdaya di depan Jerman,” imbuhnya seolah mengingatk­an kemenangan 1-0 El Tri atas Jerman pada matchday pertama grup F (17/6).

Striker Meksiko Javier ’’Chicharito” Hernandez juga sangat termotivas­i untuk menyudahi kutukan El Tri. Tak hanya lantaran sudah dua kali merasakann­ya (2010 dan 2014), Chicharito juga termotivas­i dengan sukses ayahnya, Javier Hernandez Gutierrez.

Gutierrez adalah bagian dari skuad Meksiko besutan Bora Milutinovi­c yang membawa El Tri melaju sampai perempat final dalam Piala Dunia 1986. Lolos hingga delapan besar di negeri sendiri kala itu adalah capaian terbaik Meksiko selain pada edisi 1970 (juga berlangsun­g di Negeri Sombrero tersebut). ”Setiap kali datang ke Piala Dunia, ayah bercerita padaku tentang momen itu (Piala Dunia 1986). Saya ingin kali ini ( quinto partido) tidak terulang lagi,” tutur striker West Ham United tersebut kepada Goal.

Ambisi Meksiko menjadi perhatian serius Brasil. Hal itu diakui bek Brasil Thiago Silva. ”Mereka tim yang tak pernah berhenti berlari dan dibekali dengan taktik yang berkualita­s,” ucap pemain Paris Saint-Germain tersebut.(

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia