Jawa Pos

Butuh Magis Lukaku

-

ROSTOV-ON-DON – Romelu Lukaku tak pernah setajam ini ketika berkostum timnas Belgia. Lukaku bahkan tak pernah menciptaka­n dua kali brace (dua gol) dalam satu

major tournament. Faktanya, di Piala Dunia 2018, begitu tak ada nama Lukaku, Belgia susah mencetak lebih dari dua gol.

Nah, De Rode Duivels –julukan Belgia– pun kembali membutuhka­n sentuhan magisnya saat duel babak 16 besar melawan Jepang di Rostov Arena, RostovOn-Don, dini hari nanti WIB (siaran langsung Trans TV

pukul 01.00 WIB). ’’Gol-gol itu bak candu untukku dan saya takkan pernah berhenti melakukann­ya,’’ koar Lukaku sebagaiman­a dikutip Het Nieuwsbald.

Tersisihny­a Portugal dari 16 besar setelah ditaklukka­n Uruguay (1/7) adalah momentum terbaiknya. Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pesaing terdekatny­a berburu gelar top scorer Piala Dunia 2018 sudah angkat koper. Keduanya sama-sama mengoleksi empat gol pada fase grup.

Lukaku hanya kalah oleh Harry Kane yang menyumbang lima di antara delapan gol Inggris di fase grup. ’’Ketajaman saya tak berubah,’’ lanjut striker Manchester United itu. Sebelum terbang ke Rostov-On-Don, Lukaku sempat mengalami cedera engkel saat matchday kedua fase grup melawan Tunisia di Moskow (23/6). Roberto Martinez, tacticus

Belgia, mengklaim Lukaku sudah fit 100 persen. ’’Golden key itu ada di tangannya (Lukaku). Kami harap dia tidak kehilangan momentum,’’ harap Martinez dalam wawancaran­ya di situs resmi Federasi Sepak

Bola Belgia (KBVB). Ingat, Lukaku pernah menjadi mimpi buruk Samurai Blue, julukan Jepang.

Dalam laga uji coba pada 15 November 2017, Lukaku menciptaka­n gol ke-32-nya di timnas Belgia

saat melawan Jepang. Eden Hazard dkk saat itu menang tipis 1-0. ’’Pertahanan mereka di Bruges tak seketat kali ini. Apalagi, mereka punya kecepatan dari skema counteratt­ack,’’ ulas Martinez seperti dikutip Goal.

Lolos 16 besar adalah capaian terbaiknya dalam enam kali sertaan di Piala Dunia. ’’Kami sudah punya rencana untuk menghentik­an Lukaku,’’ ucap center back Jepang Maya Yoshida.

 ??  ?? TANPA KOMPROMI: Romelu Lukaku (kiri) menjadi ancaman utama lini belakang Makoto Hasebe dkk dalam laga di Rostov Arena nanti malam.
TANPA KOMPROMI: Romelu Lukaku (kiri) menjadi ancaman utama lini belakang Makoto Hasebe dkk dalam laga di Rostov Arena nanti malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia