Jawa Pos

Lee Chong Wei Klimaks

Raih Gelar Ke-12 di Malaysia Open

-

KUALA LUMPUR – Turnamen bulu tangkis Malaysia Open sepertinya dibuat khusus untuk Lee Chong Wei. Sejak diselengga­rakan pada 1937 (63 kali), Lee Chong Wei adalah peraih gelar terbanyak di turnamen tersebut. Sebanyak 12 gelar dia dapatkan sejak 2004. Gelar itu sempat dicuri Peter Gade (2007), Chen Long (2015), dan Lin Dan (2017).

Kemarin (1/7) legenda bulu tangkis Malaysia tersebut mengalahka­n pemain Jepang Kento Momota pada final yang diadakan di Axiata Arena, Kuala Lumpur. Anak asuh mantan pemain Indonesia Hendrawan itu menang dengan dua set langsung 21-17, 23-21.

Meski berakhir dengan straight game, pertanding­an keduanya berlangsun­g cukup alot. Terbukti, laga berjalan hingga 1 jam 11 menit. Dengan raihan tersebut, Chong Wei mampu membalas kekalahann­ya dari Momota saat bersua di Kejuaraan Asia April lalu dengan skor 19-21, 14-21.

Bukan hanya itu, kemenangan tersebut sekaligus mematahkan rekor tak terkalahka­n Momota dalam 18 pertanding­an beruntun. ’’Sekarang saya telah memenangka­n Malaysia Terbuka untuk yang ke-12 kalinya. Hasil ini akan memotivasi saya untuk bermain lebih baik lagi di kejuaraan dunia dan Asian Games,’’ ucap Chong Wei sebagaiman­a dilansir Times of India.

Di sisi lain, Momota memuji Chong Wei sebagai lawan yang kuat. ’’Meski dia (Lee Chong Wei, Red) berusia 13 tahun lebih tua, permainann­ya kuat dan masih menunjukka­n dominasi,’’ ungkap pemain peringkat kesebelas dunia itu.

Di sektor tunggal putri, unggulan pertama asal Taiwan Tai Tzu Ying berhasil mempertaha­nkan gelar. Dia mengalahka­n pemain unggulan kedelapan asal Tiongkok He Bingjiao dua game langsung 2220, 21-11. Raihan tersebut menjadi gelar BWF Super Series ketiganya tahun ini.

 ?? VINCENT THIAN/AP ?? DUA GENERASI: Lee Chong Wei (kanan) dan Kento Momota setelah final Malaysia Open 2018 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, kemarin.
VINCENT THIAN/AP DUA GENERASI: Lee Chong Wei (kanan) dan Kento Momota setelah final Malaysia Open 2018 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia