Jawa Pos

Teladan dari Pelatih Anyar

-

AKIRA Nishino didapuk sebagai pelatih Jepang hanya dua bulan sebelum Piala Dunia 2018. Dia menggantik­an pelatih asal Bosnia Vahid Halilhodzi­c yang dipecat karena rumor ketidakhar­monisan dengan pemain.

Belajar dari kesalahan pelatih lama, Nishino tahu benar cara memimpin skuad Samurai Biru. Dia membawa spirit Jepang. Tegas, santun, dan disiplin. Hal itu ditunjukka­n Nishino saat memimpin latihan. Ketika para pemain belum datang, dia sudah muncul di lapangan. Dia juga tidak segan ikut berlari bersama pemain saat pemanasan.

Nishino memegang prinsip luhur yang dijunjung warga Jepang. Yakni, tanggung Luasnya sekitar Dilengkapi kompleks hotel, pusat kesehatan dan rehabilita­si, restoran, serta perkantora­n

Perlengkap­an latihan dan pengamanan tambahan selama Piala Dunia

Dipasang 500 seat untuk fans dan media

Tenda-tenda makanan

Ruang media • CANDRA WAHYUDI • AINUR ROHMAN • ANGGER BONDAN jawab. Dia sengaja menginstru­ksikan pemainnya untuk tidak menyerang ketika ketinggala­n 0-1 melawan Polandia pada laga pemungkas fase grup di Volgograd Kamis (28/6). Tujuannya, mengamanka­n posisi Jepang karena pada laga lainnya Senegal tertinggal oleh Kolombia.

’’Saya bertanggun­g jawab,’’ katanya menjawab pertanyaan wartawan setelah latihan di Kazan Sabtu (30/6). ’’Apa yang kami lakukan pada 10 menit terakhir itu mungkin mengecewak­an penonton. Kami tidak akan mengulangi­nya saat melawan Belgia,’’ janji Nishino.

Strategi pria yang pernah menangani Gamba Osaka dan Nagoya Grampus itu terbukti jitu. Jepang memang 2 JULI akhirnya kalah. Begitu juga Senegal. Meski mengemas poin sama (4), Jepang berhak lolos ke babak 16 besar karena pelanggara­n kedisiplin­an yang lebih rendah. Namun, Keisuke Honda dkk belum bisa berselebra­si sebelum mendengar kabar soal rekor kedisiplin­an Senegal.

Jurnalis freelance asal Jerman Frank Hellmann meyakini Jepang berpotensi melangkah lebih jauh. Menurut dia, Jepang punya modal untuk melewati Belgia. ’’Belgia mengandalk­an kualitas pemainnya. Tapi, mereka bermain individual. Sebaliknya, Jepang bermain secara tim. Itulah keunggulan Jepang,’’ ujarnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ANGGER BONDAN/JAWA POS ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? BERI CONTOH: Pelatih Jepang Akira Nishino (kiri) turut joging bersama duo penggawa pirang Jepang, Yuto Nagatomo dan Keisuke Honda, saat mengawali sesi latihan.
DISIPLIN:
Bek Jepang Maya Yoshida melakukan peregangan sebelum memulai joging keliling...
ANGGER BONDAN/JAWA POS ANGGER BONDAN/JAWA POS ANGGER BONDAN/JAWA POS BERI CONTOH: Pelatih Jepang Akira Nishino (kiri) turut joging bersama duo penggawa pirang Jepang, Yuto Nagatomo dan Keisuke Honda, saat mengawali sesi latihan. DISIPLIN: Bek Jepang Maya Yoshida melakukan peregangan sebelum memulai joging keliling...
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia