Jawa Pos

Portugal Masih Butuh Ronaldo

-

USIANYA sudah 33 tahun. So, banyak yang memprediks­i bahwa Piala Dunia 2018 adalah partisipas­i terakhir Cristiano Ronaldo di turnamen akbar sepak bola. Prediksi lainnya, pemain berjuluk CR7 itu bakal pensiun dari timnas Portugal setelah gagal meraih tiket perempat final. Benarkah? ’’Ini bukan waktu yang tepat untuk membahas masa depan, tentang pelatih, atau tentang pemain lain,’’ papar Ronaldo sebagaiman­a dikutip ESPN ketika ditanya perihal kelanjutan karirnya bersama timnas.

’’Saya masih yakin tim ini (Portugal) akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Kami memiliki pemain yang ambisius. Portugal akan kembali memenangka­n sesuatu dan membuat pendukungn­ya bangga,’’ lanjut bintang Real Madrid itu.

Ronaldo kecewa karena gagal membawa Portugal ke perempat final. ’’Padahal, kami bermain bagus. Bahkan lebih bagus daripada Uruguay. Namun, mereka berhasil mencetak dua gol. Sebagai kapten, saya tetap bangga dengan penampilan tim saya,’’ tutur Ro- naldo yang tak mampu mengakhiri kutukan gagal mencetak gol di fase knockout Piala Dunia.

Ronaldo memang masih punya gairah untuk membela timnas. Mei lalu dia pernah mengatakan bahwa secara fisik, dirinya masih kuat bermain. ’’Secara biologis, saya merasa masih berusia 23 tahun. Saya masih bisa bermain hingga usia 41 tahun,’’ kata Ronaldo saat itu.

Pelatih Portugal Fernando Santos berharap Ronaldo tetap bermain untuk timnas. Menurut Santos, Portugal masih sulit mencari figur pengganti CR7. Apalagi, September nanti Portugal harus menjalani kualifikas­i Euro 2020. ’’Tentu saja. Cristiano (Ronaldo) telah memberikan banyak kontribusi untuk sepak bola,’’ ungkap Santos. ’’Kami akan memulai lagi turnamen pada September. Kami berharap dia tetap membantu kami untuk memimpin pemain-pemain muda. Sangat penting memiliki kapten yang selalu ada untuk kami,’’ imbuhnya.

 ?? JUAN HERRERO/EPA ?? TAK BERKUTIK: Cristiano Ronaldo (tengah) dikepung Jose Gimenez (kanan) dan Lucas Torreira pada laga kemarin.
JUAN HERRERO/EPA TAK BERKUTIK: Cristiano Ronaldo (tengah) dikepung Jose Gimenez (kanan) dan Lucas Torreira pada laga kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia