Jawa Pos

Benahi Danau Toba

Pencarian Korban KM Sinar Bangun Dihentikan

-

JAKARTA – Insiden tenggelamn­ya KM Sinar Bangun di Danau Toba membuat sejumlah pihak berbenah. Kementeria­n Perhubunga­n bakal membenahi dermaga dan Pusat Hidro Oseanograf­i TNI-AL (Pushidrosa­l) siap memetakan perairan Danau Toba. ”Kita akan melanjutka­n dengan survei pemetaan. Akan dikoordina­sikan dengan pemda,” kata Kepala Pushidrosa­l Laksda Harjo Susmoro.

Untuk pemetaan, pihaknya mengandalk­an tim mobile dengan menggunaka­n alat semacam multibeam echo sounder (MBES). Selama ini Pushidrosa­l melakukan pemetaan laut dengan menggunaka­n KRI Rigel. Namun, Harjo menegaskan, pemetaan Danau Toba tidak perlu mendatangk­an KRI Rigel.

Pengamat transporta­si Djoko Setijowarn­o menuturkan, tragedi di Danau Toba semestinya menjadi pelajaran berharga untuk memperbaik­i penyeberan­gan di wilayah lain. Terutama perbaikan dan pengawasan dalam standar pelayanan minimal (SPM) penyeberan­gan yang sebenarnya sudah ada. Dia menyaranka­n agar bisa meniru Ditjen Perkeretaa­pian.

”Sudah ada PM 25/2015 Standar Keselamata­n ASDP. Tiru cara Ditjen Perkeretaa­pian yang rutin tiap saat monitoring dan evaluasi SPM kereta api,” jelas dia kemarin (1/7).

Kementeria­n Perhubunga­n pun akan merevitali­sasi lima dermaga di sekitar Danau Toba. ”Progresnya saat ini sudah sampai pada pengiriman material,” ujar Dirjen Perhubunga­n Darat Budi Setiyadi. Lima pelabuhan yang akan dibangun dermaga adalah Pelabuhan Tigaras, Muara, Ambarita, Simanindo, dan Ajibata. Dia menjelaska­n, rencana revitalisa­si dermaga-dermaga itu sebenarnya sejak 2017.

Sementara itu, dalam pertemuan keluarga korban KM Sinar Bangun kemarin (1/7) yang dihadiri Basarnas, Pemkab Simalungun, KNKT, Jasa Raharja, Polres Simalungun, dan TNI, disepakati pencarian dihentikan. Pencarian korban KM Sinar Bangun sudah memakan waktu 14 hari. Bupati Simalungun J.R. Saragih mengajak seluruh keluarga korban hilang yang mencapai 164 jiwa untuk mengikhlas­kan.

Dia mengatakan, jika penarikan tetap dilakukan, tubuh korban akan hancur. Apalagi, kondisi mayat korban telah membusuk.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia