Jawa Pos

Sembelih Sapi Betina karena Murah

Dewan Sebut Pengawasan Pemkot Lemah

-

SURABAYA – Sapi betina produktif banyak dikirim ke Surabaya untuk memenuhi kebutuhan daging warga. Padahal, hal tersebut nyata-nyata melanggar aturan. Namun, para jagal terpaksa memotong sapi-sapi itu karena harganya lebih murah. Longgarnya pengawasan membuat warga Surabaya banyak mengonsums­i sapi ilegal tersebut.

Sapi-sapi betina produktif yang dibeli jagal tanpa surat rekomendas­i dari dokter hewan kota asalnya. Dokumen tersebut diberikan ke pengawas di Surabaya. Jika tidak ada surat, sapi tidak boleh dipotong.

Pekan lalu polisi menggerebe­k Rumah Potong Hewan Surya di Kedurus. Di sana ditemukan 18 sapi betina produktif yang bakal dipotong. RPH milik pemkot itu pun harus berurusan dengan masalah hukum. Sesuai aturan, sapi betina yang boleh dipotong harus berusia lebih dari 8 tahun atau sudah lima kali melahirkan. Tujuannya, menjaga populasi sapi.

Achmad Zakaria, anggota Komisi B DPRD Surabaya, mengatakan bahwa Dinas Peternakan Provinsi Jatim dan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Surabaya bertanggun­g jawab atas masalah tersebut. Menurut dia, itu bukan hal baru. Namun, pemerintah belum bisa menegakkan aturan yang ada. ’’Ada curhatan bahwa pengawasan surat hewannya lemah,’’ katanya.

Para jagal terpaksa membeli sapi-sapi tersebut karena harganya lebih murah daripada sapi pejantan. Jika menyembeli­h sapi jantan dengan harga tinggi, harga jual daging harus dinaikkan.

Kepala RPH Surya Surabaya Teguh Prihandoko mengungkap­kan bahwa pihaknya tidak terlibat dalam pemotongan sapi-sapi betina produktif itu. Sebab, RPH hanya menyediaka­n jasa potong. ’’Cuma kandang kami ketempatan. Itu gara-gara pengelolaa­n kandang disewakan. Kami tidak bisa mengawasi,’’ jelas alumnus Universita­s Airlangga itu.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? PENYUPLAI DAGING: Deretan sapi di RPH Surya. Rencananya, sapi-sapi tersebut akan disembelih.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS PENYUPLAI DAGING: Deretan sapi di RPH Surya. Rencananya, sapi-sapi tersebut akan disembelih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia