Jawa Pos

Bakar Sampah, Api Sambar Gudang

-

GRESIK – Warga Desa Drancang, Kecamatan Menganti, heboh kemarin pagi (1/7). Asap tebal membubung tinggi dan jilatan api membakar sebuah gudang barang bekas. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, kerugian mencapai belasan juta rupiah.

Sekitar pukul 05.00 Rohmah membakar tumpukan sampah. Lokasinya persis di dekat gudang milik Nur Rokib. Setelah menyalakan api, perempuan 56 tahun tersebut pulang ke rumah untuk menjalanka­n salat Subuh. Api dibiarkan menyala.

Tidak lama, bau sangit tercium. Api sudah membesar hingga menyambar gudang yang berbahan kayu dan tripleks. Rohmah pun minta tolong ke warga sekitar. Masyarakat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun, si jago merah tidak kunjung padam. Warga segera menghubung­i Polsek Menganti untuk meminta bantuan. Anggota yang sedang piket langsung menghubung­i pemadam kebakaran (PMK) terdekat. Pukul 05.30 dua unit mobil PMK tiba di lokasi. Api baru bisa dijinakkan pukul 06.00.

Petugas PMK Gresik Wilayah Selatan Chandra Kirana menyatakan, kondisi bangunan sudah terbakar lebih dari 70 persen saat petugas datang. Api terus merambat ke bangunan lain. ’’Ada dua gudang. Yang terbakar satu,’’ katanya.

Kanitreskr­im Polsek Menganti Aiptu Agus Margono memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah. ’’Masih dihitung nilai kerugianny­a,’’ jelasnya.

Menurut Agus, kebakaran di daerah Drancang bukan yang pertama. Pada Mei lalu sebuah warung terbakar. Penyebabny­a hubungan pendek arus listrik. Terkait kebakaran gudang milik Nur Rokib, Agus menyatakan masih memeriksa sejumlah saksi. Yang jelas, penyebabny­a berasal dari pembakaran sampah di dekat gudang. ’’Masih diproses,’’ katanya.

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? SISAKAN SATU GUDANG: Petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman di gudang barang bekas di Desa Drancang, Kecamatan Menganti, kemarin.
ADI WIJAYA/JAWA POS SISAKAN SATU GUDANG: Petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman di gudang barang bekas di Desa Drancang, Kecamatan Menganti, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia