Jawa Pos

Pasang Paving Block di Setren Kali Jagir

-

SURABAYA – Setren kali Jagir Wonokromo perlahan mengalami perubahan. Sebelumnya, pemkot mengajak masyarakat membuat mural pada tembok di sepanjang jalan tersebut. Kini ada rencana memasang paving block di kawasan itu.

Setren kali yang digarap pemkot berada di sisi utara Kali Jagir Wonokromo. Panjangnya sekitar 100 meter. Lebarnya 5–6 meter. Kondisi saat ini berupa tanah terjal.

Dulu kawasan tersebut dibangun rumah semiperman­en. Warga pendatang yang tidak ber-KTP Surabaya menempati rumah itu. Setelah ditertibka­n, kawasan tersebut menjadi lahan kosong.

Sesekali ada roda 2 atau becak motor yang melewati lahan itu. Maklum, lahan tersebut merupakan akses menuju kawasan Ngagel Rejo. ’’Awalnya, kami bersama pemkot melukis tembok di sisi utara jalan itu,’’ kata Camat Wonokromo Tomi Ardiyanto.

Lukisan tersebut dianggap belum cukup. Berkoordin­asi dengan dinas cipta karya dan tata ruang, Tomi ingin memaksimal­kan lahan bekas bangunan semiperman­en itu. Agar mudah dilewati masyarakat, lahan tersebut dipasang paving block. ’’Dengan begitu, bukan hanya tembok yang terlihat rapi, jalan menuju Ngagel Rejo juga rapi,’’ ucapnya.

Saat ini lahan itu sudah dirapikan. Bahkan, ada material yang sudah siap di lapangan. Tim yang mengerjaka­n berasal dari dinas cipta karya dan tata ruang. Targetnya, akhir tahun setren kali tersebut bisa dilewati warga.

Tomi menyatakan, setren kali akan menjadi pemandanga­n masyarakat yang melewati Jalan Jagir Wonokromo. Dulu masyarakat yang melewati jalan itu selalu disuguhi pemandanga­n kumuh. Yakni, rumah semiperman­en dan pakaian yang dijemur di tepi sungai.

Saat ini pemandanga­n tersebut sudah berubah. Masyarakat melihat tembok yang warna-warni. Ke depan, kawasan itu semakin indah. Sebab, sepanjang jalan tersebut sudah berpaving. Masyarakat bisa melewati jalan itu dengan nyaman.

 ?? THORIQ/JAWA POS ?? DIBENAHI: Setren Kali Jagir sudah kelihatan bersih dan rapi.
THORIQ/JAWA POS DIBENAHI: Setren Kali Jagir sudah kelihatan bersih dan rapi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia