Jawa Pos

Napi 63 Tahun pun Ikut Kejar Paket

-

SIDOARJO – Kerja keras Mustofa untuk belajar dan mengikuti ujian kejar paket A di Lapas Kelas I Surabaya (Porong) akhirnya membuahkan hasil menggembir­akan. Kakek berusia 63 tahun itu dinyatakan lulus. Kini dia tinggal menunggu ijazah sebagai bukti kelulusan.

Mustofa yang menjadi napi kasus narkoba tersebut tidak sendiri saat menjalani ujian di tahanan. Ada lima napi yang ikut ujian. Ada juga napi yang mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk kejar paket C dan B.

Jumlah peserta kejar paket C mencapai 14 orang. Untuk peserta kejar paket B, terdapat 11 orang. Semua dinyatakan lulus ujian dan berhak menerima bukti kelulusan yang setara dengan lulusan SD, SMP, dan SMA. ”Ijazahnya pasti diberikan sebelum mereka bebas dari tahanan,” kata Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarak­atan Lapas Kelas I Surabaya Bambang Sugianto.

Bukti kelulusan itu sangat berarti bagi para napi. Dengan bukti tersebut, mereka juga bangga telah menyelesai­kan pendidikan setara sekolah formal. Soal yang mereka kerjakan sama dengan soal peserta ujian kejar paket di luar penjara. Bagi yang ikut sistem UNBK, mereka juga tidak dapat berbagi jawaban. Sebab, soalsoalny­a berbeda.

Meski telah melaksanak­an ujian kejar paket untuk 30 napi, pihak lapas tidak menghentik­an program tersebut. Pihak lapas akan terus membuka kesempatan bagi mereka yang ingin sekolah dalam tahanan. ”Kejar paket A, B dan C ada. Napi yang berminat bisa mendaftar sejak dini,’’ katanya.

Selama di lapas, para napi juga mendapat pelajaran agama. Mereka pun diajari keterampil­an seperti membuat batik hingga memproduks­i tahu. Tujuannya, dapat menjadi bekal para napi setelah keluar dari tahanan. Mereka diharapkan bisa membuka usaha mandiri.

 ?? MAYA APRILIANI/JAWA POS ?? LULUS SEMUA: Pelaksanaa­n ujian kejar paket di Lapas Kelas II-A Sidoarjo untuk para warga binaan atau napi.
MAYA APRILIANI/JAWA POS LULUS SEMUA: Pelaksanaa­n ujian kejar paket di Lapas Kelas II-A Sidoarjo untuk para warga binaan atau napi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia