Jawa Pos

Rutin Kumpul, Selalu Tanggap Aksi Sosial

-

KEGIATAN rutin Sahati Community tidak sekadar kumpulkump­ul. Dalam Sahati Gala Show yang dihelat di ballroom Bima Restaurant Jumat malam (29/6), mereka tak lupa untuk mengundang beberapa panti asuhan sebagai peserta bakti sosial. Berpesta dan beramal bisa berjalan beriringan.

”Setiap kumpul begini kan ada kas pengurus. Jadi, kami selalu sisihkan untuk aksi sosial. Ini semua sesuai visi Sahati,” terang Ketua Umum Sahati Community Titien Femyanti di sela-sela acara. Dia menjabarka­n kepanjanga­n Sahati yang mengandung visi bagi perkumpula­n yang berdiri sejak 2016 itu.

Huruf S berarti saling menghargai. A adalah aktif dan kreatif. H berarti hangat dan tulus. Kemudian, A yang kedua dimaknai sebagai amal. T adalah bersikap tanggap. ”I yang terakhir kepanjanga­n ini komitmen Sahati,” jelas Titien. Maka, aksi sosial dan donasi tidak pernah luput dari agenda-agenda Sahati.

Malam itu, donasi diberikan kepada Griya Usia Lanjut Santo Yosef yang diwakili Suster Marsiana dan Suster Sipriana. Juga ada Hendik Susanto yang menerima sumbangan mewakili Yayasan Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Kertajaya. ”Alhamdulil­lah, bisa untuk biaya masuk sekolah anak-anak,” kata Hendik.

Selain rutin mendonasik­an sebagian kas komunitas, Sahati selalu tanggap dalam berbagai kondisi bencana. ”Kami terjun langsung kasih bantuan saat bencana meletusnya Gunung Kelud,” tutur Ketua Kehormatan Sahati Indahwati. Dia juga menceritak­an agenda tur Sahati kepada korban-korban bom Surabaya Mei lalu sembari memberi bantuan. ”Kami nggak mau lewat pihak ketiga. Karena korban selalu perlu dukungan moral juga,” imbuhnya.

Wakil Sahati Weni Oentari mengatakan bahwa penggalang­an dana berlangsun­g spontan. ”Teman-teman Sahati punya kepedulian sosial yang luar biasa,” ujarnya. Sementara itu, bakti sosial tahunan selalu berpusat di kala Ramadan.

Selain aksi sosial, gathering dengan komunitas lain, rekreasi, dan les hobi menjadi bagian dari aktivitas Sahati. Mulai les dansa dan nyanyi sampai traveling bersama. ”Terakhir kami ke Bali. Senang sekali, bersyukur bisa berkumpul dan punya banyak teman baik,” ujar Titien.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia