Jawa Pos

SPANYOL PUN KEOK

-

SPANYOL menyusul Argentina dan Portugal. Tadi malam WIB (1/7), mereka kalah dalam adu penalti melawan tuan rumah Rusia 3-4 di Stadion Luzhniki, Moskow. Pertanding­an harus berlanjut ke babak tos-tosan setelah kedudukan imbang 1-1 bertahan sampai dua kali extra time.

Spanyol membuka keunggulan lebih dahulu karena gol bunuh diri bek Rusia Sergei Ignashevic­h pada menit ke-12

Ignashevic­h salah menghalau bola saat mengawal Sergio Ramos ketika akan menerima umpan dari Marco Asensio.

Tetapi, empat menit menjelang turun minum, Artem Dyuba menyamakan kedudukan via tendangan penalti. Hadiah penalti diberikan wasit Bjorn Kuipers dari Belanda karena Gerard Pique handsball.

Seperti biasa, La Furia Roja mendominas­i pertanding­an. Bahkan, pada babak pertama, Sergio Ramos dkk berhasil melepaskan 438 umpan. Itu adalah nominal umpan terbanyak di Piala Dunia sejak 1966.

Namun, meski mendominas­i, Spanyol tetap sulit menembus pertahanan Sbornaya. Tendangan ke gawang yang dihasilkan kampiun edisi 2010 itu pun baru tercipta pada menit ke-45 melalui Isco.

Dalam babak kedua, Spanyol tampil lebih agresif dengan memasukkan Andres Iniesta, Iago Aspas, dan Daniel Carvajal. Tapi, hasilnya sama saja. Hampir tidak ada peluang berarti dari kedua tim sehingga dilanjutka­n ke extratime.

Tidak banyak yang terjadi di extra time. Dan pertanding­an dilanjutka­n ke adu penalti. Dua penendang awal masing-masing tim berhasil. Giliran penendang ketiga, Koke gagal karena sepakannya digagalkan Igor Akinfeev. Penendang keempat Spanyol, Sergio Ramos, sukses. Namun, Iago Aspas sebagai penendang pemungkas La Furia Roja yang apes.

Rusia yang empat eksekutorn­ya berhasil memasukkan bola, akhirnya menang 4-3. Sbornaya, julukan Rusia, pun lolos ke babak delapan besar.

 ?? ALBERTO ESTEVEZ/EPA-EFE ?? PULANGKAN TIM MATADOR: Pemain Rusia Artem Dzyuba setelah menjebol gawang Spanyol melalui eksekusi penalti. Gol itu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 hingga memaksakan adu penalti.
ALBERTO ESTEVEZ/EPA-EFE PULANGKAN TIM MATADOR: Pemain Rusia Artem Dzyuba setelah menjebol gawang Spanyol melalui eksekusi penalti. Gol itu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 hingga memaksakan adu penalti.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia