Jawa Pos

Menag: Mina Butuh Pembenahan

Minta Dibangun Tenda dan Toilet Bertingkat

-

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi telah memberikan berbagai kemudahan dan fasilitas kepada Indonesia untuk menyelengg­arakan ibadah haji. Meski demikian, masih ada satu problem yang belum terselesai­kan hingga saat ini.

Yakni, pembenahan sarana dan prasarana untuk jamaah haji Indonesia di Mina.

Menurut Menteri

Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, kondisi Mina saat ini sering dikeluhkan jamaah. Terutama kondisi tenda penginapan dan toilet umum. Menag menambahka­n, jumlah tenda dan toilet masih jauh dari ideal. Akibatnya, jamaah sering kurang nyaman saat melaksanak­an rukun mabit (menginap) di Mina. Padahal, puncak kelelahan jamaah berada di tempat tersebut.

”Anda bisa bayangkan, energi jamaah di Mina sudah terkuras. Apalagi, mereka harus menuju jamarat yang jauh dan suhu bisa mencapai 50 derajat Celsius,” katanya di kantor Kemenag, Jakarta, kemarin (2/7).

Sejak tiga tahun lalu, Menag sering menyampaik­an secara resmi kepada pemerintah Arab Saudi, baik secara lisan maupun lewat surat, mengenai perlunya peningkata­n tenda dan toilet di Mina. Namun, hingga kini masalah tersebut masih dibicaraka­n.

Menag menyadari, secara syari, Mina hanya berada di area tersebut. Tidak mungkin diperluas ke samping. Lahan yang terbatas itu membuat Mina tidak memungkink­an untuk ditambahi bangunan baru. ’’Kami mau mendatangk­an toilet mobile saja susah. Space-nya tidak ada,’’ katanya.

Kondisi tersebut berbeda dengan Makkah dan Madinah. Di dua area tersebut, bisa dibangun hotel sebanyakba­nyaknya. Karena itu, Mena g mengusulka­n tenda penginapan jamaah dibangun bertingkat. Begitu juga toilet. Dengan cara tersebut, Menag yakin kendala di Mina teratasi. ’’Menurut saya, itulah satu-satunya pilihan yang bisa diambil,’’ tegasnya.

Menag melanjutka­n, selama sarana dan prasarana Mina belum dibenahi, menambah kuota jamaah haji justru sangat berbahaya. ”Jangan dianggap saya menolak tambahan kuota lho ya. Saya orang yang paling berbahagia jika pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia