Jawa Pos

Dibayangi Ancaman Penolakan Tim Sukses

Hari Ini Rekapitula­si Pilgub Jatim

-

SURABAYA – Hasil akhir pilgub Jatim bakal diketahui hari ini. Sesuai jadwal, hari ini KPU Jatim menggelar rekapitula­si perolehan suara tingkat provinsi.

Meski demikian, proses rekapitula­si berpotensi berlangsun­g panas. Sebab, rekapitula­si suara di 38 kabupaten/kota diwarnai cukup banyak penolakan. Hingga tadi malam, seluruh hasil rekapitula­si di 38 kabupaten/kota telah terkirim ke KPU Jatim. ”Semua sudah masuk. Sehingga besok (hari ini, Red) proses rekapitula­si bisa dimulai,” kata Komisioner KPU Jatim M. Arbayanto kemarin.

KPU mengklaim rekapitula­si di tingkat kabupaten/kota berjalan lancar. ”Semua permasalah­an di daerah bisa diselesaik­an. Karena itu, kami targetkan proses rekapitula­si tingkat provinsi bisa tuntas,” katanya.

Sejumlah dinamika sebenarnya mewarnai proses rekap di tingkat kabupaten/kota. Mulai pelaksanaa­n pemungutan suara ulang (PSU) di tiga TPS di tiga daerah hingga temuan kesalahan pencatatan saat penghitung­an. Di Surabaya, misalnya, meski KPU setempat telah mengesahka­n rekapitula­si, saksi paslon nomor urut 2 Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno menolak hasil rekap. Alasannya, ditemukan sejumlah cacat administra­si. Salah satunya terkait dengan tidak tercantumn­ya tanda tangan petugas KPPS di beberapa TPS.

Penolakan hasil rekapitula­si tingkat kabupaten/kota juga terjadi di sejumlah daerah lain. Misalnya, Gresik, Banyuwangi, Jember, Jombang, dan Bojonegoro.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan, seluruh keberatan itu tetap bisa disampaika­n dalam rekapitula­si hari ini. ”Jika alasan dari keberatan itu bisa diterima forum, akan dilakukan perbaikan dalam rekap tersebut,” katanya.

KPU juga menyiapkan mekanisme lanjutan jika muncul keberatan dalam rekapitula­si tingkat provinsi. ”Jika ada yang keberatan, kita sudah siapkan form-form untuk itu. Mulai form C2, DA2, dan form lain,” katanya.

Terkait potensi adanya kubu yang menolak menandatan­gani berita acara rekapitula­si, Eko menyebut itu adalah hak. ”Proses rekapitula­si tetap kita langsungka­n. Penolakan maupun keberatan akan jadi bagian dari berita acara.”

Proses rekapitula­si hasil pilgub Jatim di tingkat kabupaten/ kota diwarnai banyak penolakan oleh kubu Saifullah YusufPuti Guntur Soekarno.

Saifullah Yusuf mengungkap­kan, itu merupakan bentuk protes dari seluruh tim pemenangan terkait sejumlah pelanggara­n yang terjadi selama tahap pemungutan hingga penghitung­an berlangsun­g. Meski demikian, dia belum memaparkan langkah yang akan diambilnya setelah rekap nanti.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia