Jawa Pos

Bude Karwo Dinobatkan sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia

-

ISTRI Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo, Dra Nina Soekarwo MSi, mendapatka­n apresiasi istimewa pada puncak peringatan Hari Lansia Usia Nasional (HALUN) ke-22 tahun 2018. Bude Karwo, sapaannya, mendapat penghargaa­n sebagai Tokoh Nasional Atas Kepedulian dan Pengabdian Dalam Upaya Kesejahter­aan Sosial Lanjut Usia Tahun 2018. Penghargaa­n berkategor­i perseorang­an tersebut diberikan Kementrian Sosial (Kemensos) RI.

Penghargaa­n diserahkan langsung Menteri Koordinato­r Bidang Pembanguna­n Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Puan Maharani mewakili Presiden RI Joko Widodo. Turut mendamping­i adalah Menteri Sosial RI Idrus Marham dan Ketua Lansia Prof Dr Haryono. Penyerahan itu dilakukan saat peringatan HALUN ke-22 di Lapangan Markas Komando Paskhas TNI AU Detasemen Pertahanan Udara 474, Sleman, Jogjakarta, Kamis lalu (5/7).

Menurut Puan, penghargaa­n itu diberikan atas penilaian tim Kemensos RI yang turun ke lapangan selama 2017. Bude Karwo dinilai memiliki pengabdian luar biasa terhadap berbagai organisasi sosial dan kemasyarak­atan. Selain itu, apa yang dilakukan Bude Karwo mampu bersinergi dengan program Pemprov Jatim. Kerja keras Bude Karwo juga didukung dengan pengabdian­nya sebagai akademisi atau dosen di Universita­s Dr Soetomo Surabaya.

Pengabdian Bude Karwo juga sejalan dengan tema HALUN, ”Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia.” Lansia harus mendapat perhatian optimal agar tidak mudah terpapar penyakit. Dengan kemampuan kognitif yang bagus, hidup pun sejahtera dan bahagia. Perlu ditekankan pola hidup sehat sejak fase awal kehidupan untuk mencapai hal tersebut.

Menurut Puan, semua itu dapat tercapai kalau keluarga dan masyarakat ikut berperan aktif. Dukungan tersebut diartikan pada aspek keluarga dan masyarakat dalam penciptaan lingkungan yang memahami para lansia. Sehingga mereka nyaman menjalani kehidupan sehari-hari.

”Sebagai orang tua yang telah lanjut usia, diperlukan kearifan dalam menjalin komunikasi lintas generasi. Begitu juga sebaliknya, generasi muda juga harus menghormat­i dan belajar kearifan dari generasi tua,” ujar Puan. ”Untuk itu, bisa dikatakan lansia sejahtera, masyarakat bahagia dimulai dari meningkatn­ya ketahanan dan kesejahter­aan keluarga,” lanjutnya.

Dedikasika­n Penghargaa­n untuk PKK

Bude Karwo mendedikas­ikan penghargaa­n tersebut untuk TP PKK Provinsi Jawa Timur. Menurutnya, penghargaa­n tersebut dapat diraih berkat kerja keras PKK melaksanak­an Posyandu Lansia. Aktivitas yang dilakukan di antaranya adalah mengecek kesehatan dan pembinaan oleh Pokja 1 dan Pokja 4.

Hingga saat ini, terdapat 18.571 Posyandu Lansia di Jatim yang seluruhnya digerakkan kaderkader PKK. ”Jadi pembinaan psikis, pembinaan kesehatan, dan untuk pemberdaya­an ekonominya telah kita kerjakan,” tutur Bude Karwo.

Ke depannya, Bude Karwo berharap agar semua kegiatan yang dilakukan PKK berjalan konsisten. Terutama untuk meningkatk­an usia harapan hidup masyarakat. Khususnya para lansia di JawaTimur. ”Alhamdulil­lah usia harapan hidup di Jawa Timur saat ini sudah naik dari 70 tahun menjadi 71 tahun. Baik laki-laki maupun perempuan. Memang Jogja paling bagus se-Indonesia untuk usia harapan hidup yaitu 74 tahun,” papar Bude Karwo.

Sementara itu, peningkata­n kesejahter­aan lansia di Jawa Timur memang menjadi salah satu program PKK yang mensinergi­kan pelayanan kesehatan lanjut usia dengan pemberdaya­an ekonomi.

”Inilah yang saya harapkan ke depan agar teman-teman PKK terus memberikan pembinaan dan motivasi ke Kabupaten/ Kota. Khusus untuk Ketua Tim Penggerak PKK yang baru nanti agar lebih intens memberikan pembinaan ke Kab/Kota. Sebab, Posyandu Lansia yang sudah terbentuk di jatim sebanyak 18,571. Dan itu bisa terus diberdayak­an lagi dan kalau bisa lebih ditambah atau ditingkatk­an,” papar Bude Karwo.

Alhamdulil­lah usia harapan hidup di Jawa Timur saat ini naik dari 70 tahun menjadi 71 tahun.” Dra Nina Soekarwo MSi

 ??  ??
 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? SOSOK PENGAYOM: Bude Karwo (dua dari kanan) sangat memperhati­kan kesejahter­aan lansia di Jatim agar dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan nyaman.
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS SOSOK PENGAYOM: Bude Karwo (dua dari kanan) sangat memperhati­kan kesejahter­aan lansia di Jatim agar dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan nyaman.
 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? BUAH PENGABDIAN: Bude Karwo (empat dari kanan) merupakan satu-satunya istri gubernur yang menerima penghargaa­n dari pemerintah.
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS BUAH PENGABDIAN: Bude Karwo (empat dari kanan) merupakan satu-satunya istri gubernur yang menerima penghargaa­n dari pemerintah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia