Jawa Pos

Ribuan Siswa Terpental dari SMP Negeri

-

KEDIRI – Kemarin pendaftara­n peserta didik baru (PPDB) di Kota Kediri mengalami puncaknya. Siapa yang diterima dan siapa yang ditolak bisa diketahui.

Hasilnya, ribuan pendaftar harus segera mencari sekolah swasta. Sebab, mereka tidak diterima di delapan sekolah negeri yang disediakan dalam PPDB tahun ini.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Kediri Chevy Ning Suyudi mengatakan bahwa memang ada ribuan pendaftar yang tidak diterima di SMP negeri di Kota Kediri. Chevy memerinci, pada PPDB 2018 ini pendaftar mencapai 3.357 siswa. Mereka berasal dari lulusan sekolah dasar (SD), baik di Kota Kediri maupun luar Kota Kediri.

’’Di antara sekian yang mendaftar, yang bisa diterima di delapan SMP negeri di Kota Kediri hanya 2.127 anak,’’ terangnya.

Dari seleksi yang ketat menggunaka­n nilai ujian nasional (NUN) itu, 1.230 pendaftar terdepak. Mereka tidak bisa diterima karena nilainya kalah bersaing. Ribuan siswa itu pun harus mencari sekolah lain.

’’Mereka akan dianjurkan masuk sekolah swasta. Kami mengharapk­an mereka tidak berkecil hati,’’ saran Chevy.

Dia mengingatk­an, bersekolah tidak hanya di SMP negeri. Juga banyak sekolah swasta di Kota Kediri.

Kualitasny­a juga tidak kalah dengan SMP negeri. Deretan SMP swasta di Kota Kediri juga bagus. Mereka, secara kualitas, sejajar dengan sekolah-sekolah negeri di Kota Kediri.

 ?? M. FIKRI ZULFIKAR/JAWA POS RADAR KEDIRI. ?? SIAPKAN BERKAS: Para siswa yang diterima masuk ditemani orang tua saat melakukan daftar ulang di SMP Negeri 1 Kota Kediri kemarin.
M. FIKRI ZULFIKAR/JAWA POS RADAR KEDIRI. SIAPKAN BERKAS: Para siswa yang diterima masuk ditemani orang tua saat melakukan daftar ulang di SMP Negeri 1 Kota Kediri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia