Jawa Pos

Belum Deal Sudah Hasilkan Rp 2,69 T

CRISTIANO RONALDO

-

CRISTIANO Ronaldo memang punya nilai komersial yang tinggi. Buktinya, meski belum resmi bergabung dengan Juventus, CR7 sudah memberikan pemasukan buat klub berjuluk Nyonya Tua itu.

Ya, dalam tiga hari terakhir, saham Juve melonjak 22 persen atau setara dengan EUR 160 juta (sekitar Rp 2,69 triliun). Perinciann­ya, dari EUR 665 juta (sekitar Rp 11,2 triliun) ke EUR 825 juta (sekitar Rp 13,9 triliun).

Nominal kenaikan tersebut bahkan sudah bisa membayar biaya transfer plus kontrak semusim striker 33 tahun itu dari Real Madrid. Perinciann­ya, EUR 100 juta (sekitar Rp 1,6 triliun) untuk banderol kepada Los Merengues dan EUR 60 juta (sekitar Rp 1 triliun) adalah jumlah kotor gaji yang harus dibayar Juve kepada Ronaldo.

Pakar ekonomi Italia Michel Angelo Verna mengatakan, mendatangk­an Ronaldo bisa menyehatka­n neraca keuangan Juve. Sebab, Ronaldo bisa mendatangk­an pemasukan sekitar EUR 50 juta (sekitar Rp 843 miliar) per musim.

”Ketika semuanya berjalan (Ronaldo resmi ke Juve, Red), Juventus bisa menjual 19 juta produk dengan merek sang pemain. Namun, klub-klub seperti Manchester United dan Real Madrid bisa menjual empat sampai lima kali lipat,” ucap Verna kepada Sky Sport Italia.

Pemasukan yang meningkat tidak hanya berasal dari branding Ronaldo. Dua pabrikan mobil ternama Italia Fiat dan Ferrari bahkan bersedia ”patungan” untuk membantu agar deal CR7 ke Turin menjadi kenyataan.

Ferrari siap mengucurka­n EUR 20 juta (sekitar Rp 337 miliar) per tahun. Kebetulan, CR7 juga doyan mengoleksi mobil mewah. Pabrikan berlogo kuda jingkrak itu akan menjadikan Ronaldo ambassador mereka.

Lebih jauh, transfer Ronaldo ke Juve pun menguntung­kan banyak pihak. United dan Sporting Lisbon akan kecipratan sebagian dari EUR 100 juta biaya transfer CR7. Sebab, saat United mendatangk­an Ronaldo pada 2003 dari Sporting Lisbon, usianya masih 18 tahun.

Dalam peraturan mengenai transfer pemain FIFA halaman 25 artikel 21 menyatakan: ”Jika seorang profesiona­l ditransfer sebelum kontraknya berakhir, klub mana pun yang telah berkontrib­usi pada pendidikan dan pelatihann­ya akan menerima bagian dari kompensasi yang dibayarkan ke mantan klubnya,” bunyi peraturan tersebut. Jadi, United akan mendapatka­n jatah sekitar EUR 3 juta (Rp 50,6 miliar).

 ?? HENRY ROMERO/REUTERS GRAFIS BUDIONO/JAWA POS TATYANA MAKEYEVA/REUTERSO CARL RECINE/REUTERS-DARREN STAPLES/REUTERS GRAFIS ANDREW WILLY/JAWA POS DARKO BANDIC/AP PHOTO ?? EKSOTIS: Pemain Rusia menggotong tiang gawang sebelum berlatih di Sochi kemarin. 1 2 3 13 4 MENUJU TURIN?: Cristiano Ronaldo saat meninggalk­an Bandara Zhukovsky, Moskow, Senin lalu (2/7). 11 111 8 17 171 19 191 6 22 222 STADION jal. Mereka harus...
HENRY ROMERO/REUTERS GRAFIS BUDIONO/JAWA POS TATYANA MAKEYEVA/REUTERSO CARL RECINE/REUTERS-DARREN STAPLES/REUTERS GRAFIS ANDREW WILLY/JAWA POS DARKO BANDIC/AP PHOTO EKSOTIS: Pemain Rusia menggotong tiang gawang sebelum berlatih di Sochi kemarin. 1 2 3 13 4 MENUJU TURIN?: Cristiano Ronaldo saat meninggalk­an Bandara Zhukovsky, Moskow, Senin lalu (2/7). 11 111 8 17 171 19 191 6 22 222 STADION jal. Mereka harus...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia