Jawa Pos

Empat Pimpinan Hoki Surabaya Dipecat

-

SURABAYA – Federasi Hoki Indonesia (FHI) Jatim mengeluark­an keputusan tegas kepada Pengcab FHI Surabaya. Empat pimpinan FHI Surabaya dikeluarka­n dari organisasi tersebut karena dianggap tidak loyal dan membangkan­g. Jika dirunut, akar permasalah­an polemik itu adalah pengusiran atlet hoki Jatim pada November 2017.

Sebelum menjatuhka­n sanksi tersebut, FHI Jatim juga mengganjal pelaksanaa­n Piala Wali Kota XI yang berlangsun­g sejak 29 Juni lalu. Kejuaraan bertaraf nasional itu sepi. Hanya enam klub lokal yang ikut J

Daerah lain dilarang hadir garagara pemkot melarang atlet dari luar daerah untuk memakai lapangan itu. Hal tersebut tercantum dalam surat Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surabaya yang hingga kini belum dicabut.

Ketua FHI Jatim Michael Donnie Gunawan mengeluark­an surat resmi pemecatan Kamis lalu (5/7). Tercantum nama empat pimpinan FHI Surabaya yang dia keluarkan. Yakni, Ketua Umum Tri Didik Adiono yang juga anggota Fraksi PDIP DPRD Surabaya, Ketua I Setyo Yudianto, Sekretaris Umum Erwan Praseto, dan Wakil Sekretaris Fitri Nachramory Oemar. ”Selama ini, mereka yang bertanggun­g jawab atas pembangkan­gan,” jelas Donnie kemarin.

Menurut Donnie, pengurus cabang (pengcab) FHI kabupaten/ kota adalah anggota FHI Jatim. Segala kebijakan yang dibuat harus mengacu kepada pengurus provinsi. Sedangkan FHI Surabaya selama ini dianggap telah melangar kebijakan yang telah dibikin FHI Jatim. Salah satu pelanggara­n dilakukan dalam kejuaraan piala wali kota yang berlangsun­g hingga besok (8/7). Ketua Umum FHI Surabaya Tri Didik Adiono menganggap keputusan FHI Jatim aneh. Menurut dia, organisasi bersifat kolektif kolegial. Keputusan FHI Jatim juga seharusnya dilakukan setelah ada rapat pengurus di tingkat provinsi. Selain itu, sanksi oleh organisasi tidak bersifat personal, melainkan lembaga. ”Sampean tulis yang besar ya, Mas, bahwa Donnie tidak mengerti organisasi. Hoki ini organisasi, bukan perusahaan milik kakek moyangnya,” kata anggota Komisi A DPRD Surabaya itu.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? MASIH BERLANGSUN­G: Kompetisi Piala Wali Kota di Lapangan Hoki Dharmawang­sa kemarin (6/7). Ajang level nasional yang berlangsun­g hingga besok itu hanya diikuti enam klub lokal Surabaya.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MASIH BERLANGSUN­G: Kompetisi Piala Wali Kota di Lapangan Hoki Dharmawang­sa kemarin (6/7). Ajang level nasional yang berlangsun­g hingga besok itu hanya diikuti enam klub lokal Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia